PEMBUATAN APLIKASI PENCARIAN DAN PELACAKAN LOKASI ‘MY RELATION LOC’ BERBASIS BLACKBERRY WEBWORKS APPLICATION

  • Septa Ringga Daniarta Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 95 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 105 times
Keywords: Blackberry, Google Maps, Webworks, Jejaring Sosial, Berbasis Lokasi, Pelacakan Lokasi

Abstract

Pemanfaatan smartphone untuk membantu kegiatan manusia semakin berkembang saat ini. Agar dapat mengetahui lokasi dari orang lain, pengguna dapat menggunakan beberapa aplikasi jejaring sosial berbasis lokasi yang telah tersedia. Namun ada kalanya seseorang juga ingin menjaga privasinya tetapi tetap ingin membagi lokasinya pada orang-orang tertentu untuk membantunya. Untuk itu, perlu sebuah aplikasi yang memungkinkan manusia sebagai pengguna smartphone untuk menunjukkan lokasinya serta mencari lokasi orang lain, namun memiliki privasi yang terjaga, sehingga tidak semua orang akan mengetahui lokasinya. Dari permasalahan itulah ingin dibuat tugas akhir yang bertujuan untuk memberitahukan lokasi seseorang secara akurat dan tetap menjaga privasinya. Pemecahan masalah yang digunakan adalah pembuatan aplikasi pencarian lokasi berbasis Blackberry Webworks Application sebagai alat penunjuk lokasi dan pelacak lokasi serta sebuah web server untuk menyimpan data dalam sebuah database. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML5 dan jQuery mobile untuk aplikasi pada smartphone serta PHP, MySQL, dan GoogleMaps JavaScript API untuk web servernya. Dari hasil uji coba yang dilakukan, pengguna dapat memberitahukan lokasinya dengan lebih akurat dan dapat mengetahui lokasi temannya melalui fitur pelacakan lokasi pada aplikasi dengan tetap menjaga privasi para pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2012, Calculate Distance, Bearing and More Between Latitude / Longitude Points, http://www.movable-type.co.uk/scripts/latlong.html, Diakses pada April 2012.

Devlin, Ian, 2012, Finding Your Position with Geolocation, http://html5doctor.com/finding-your-position-with-geolocation/. Diakses pada April 2012.

Ekadinata, Andre, et. Al. , 2008, Sistem Informasi Geografis Untuk Pengelolaan Bentang Lahan Berbasis Sumber Daya Alam, Bogor, Yudhistira.

Peranginangin, Kasiman, 2006, Aplikasi dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta, ANDI Yogyakarta.

Riyanto, 2010, Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile, Yogyakarta, Gava Media.

Rosa, M. dan Shalahuddin M., 2008, Java di Web, Bandung, INFORMATIKA.

Wahana Komputer, 2010, Panduan Belajar MySQL Database Server, Jakarta, Mediakita.

Winarno, Edi M. Eng, Zaki, Ali dan SmitDev Community, 2010, Easy Web Programming with PHP plus HTML5, Semarang, Elex Media Komputindo.
Published
2013-09-20