PEMBUATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPERLUAN PERNIKAHAN DENGAN METODE PROMETHEE PADA WEBSITE PORTAL PERNIKAHAN

  • Melina - Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 68 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 74 times
Keywords: SPK, PROMETHEE, keperluan pernikahan, vendor

Abstract

Acara pernikahan merupakan suatu moment yang sangat dinantikan oleh setiap calon pasangan pengantin. Oleh karena itu, setiap pasangan ingin memberikan yang terbaik pada acara pernikahan mereka. Sering kali untuk membuat sebuah acara pernikahan yang bagus membuat pasangan untuk berpikir lebih keras agar mendapatkan sebuah acara pernikahan yang matang dan bagus. Karena sulitnya untuk membuat sebuah acara pernikahan yang tersusun rapi, bagus dan menarik maka dibutuhkan sebuah organisasi yang dapat mengatur segala keperluan yang dibutuhkan dalam sebuah pernikahan. Semakin banyaknya vendor-vendor yang menangani keperluan pernikahan yang menawarkan keunggulannya masing-masing sehingga tidak jarang membuat setiap pasangan menjadi kesulitan untuk mencari keperluan pernikahan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ini menggunakan metode PROMETHEE (Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evalution). PROMETHEE adalah suatu metode penentuan urutan (prioritas) dalam analisis multikriteria. Kesimpulan dari pembuatan sistem ini adalah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode promethee mampu membantu calon mempelai dalam mencari keperluan pernikahan yang tepat sesuai dengan kriteria yang diinginkan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brans, J.P.; 1986. How to select and how to rank projects : The PROMEHEE method. European Journal of Operational Research, 14, 228-238.

Elmasri, R.; Navathe, S. 2000. Fundamentals of Database Systems (4th ed.). United States of America: Pearson Education, Inc.

Kendall K.E.; Kendall J.E. 2002. System Analyst and Design (5th ed.).PHI.

Suryadi, K.; Ramdhani, A. 2002. Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.
Published
2013-09-20