PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PADA RESTORAN “X” DENGAN CLIET BERBASIS ANDROID

  • Andri Bernardo Wijaya Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 222 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 443 times
Keywords: restoran, android, desktop, pemesanan

Abstract

Restoran “X” adalah sebuah restoran yang menjual berbagai makanan dan minuman. Pada sistem yang ada saat ini setelah melakukan pencatatan pemesanan pelayan harus menuju ke dapur untuk menyerahkan copy catatan menu yang dipesan oleh pelanggan sehingga ketika restoran ramai pembeli, pelayan tidak langsung mengirim copy catatan menu ke dapur namun harus melayani pembeli lain yang belum dilayani sehingga membuang waktu pelayan untuk menyerahkan copy catatan menu ke dapur. Selain itu ketika ada pembeli yang membatalkan pesanan maka pelayan harus menuju ke dapur untuk menanyakan pada kepala koki apakah masakan tersebut sudah dimasak atau belum, hal ini akan membuat pembeli menunggu lama. Selain itu terdapat masalah lain seperti pencatatan proses penjualan yang masih dilakukan dengan berbasis kertas tanpa adanya backup data. Karena itu perlu dibuatkan sebuah sistem informasi yang berbasis android yang saling terintegrasi antara dapur dan pelayan serta pada kasir dan manager yang berbasis desktop untuk mempercepat pengiriman pesanan dan membantu administrasi utama. Dari pembuatan tugas akhir ini didapat kesimpulan bahwa pengriman pesanan ke dapur dapat dipercepat dan membantu administrasi utama dari restoran “X”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Android Developer, 2013. Android Design. Diunduh 30 Maret 2013, dari http://developer.android.com/design/style/index.html.

Anonim, 2013. Pengenalan JSON. Diunduh 30 Maret 2013, dari http://json.org/json-id.html.

ECMA International, 2011. Standart Ecma-262 : ECMAScript Language Specification. Diunduh 30 Maret 2013, dari http://www.ecma- international.org/publications/files/ECMA-ST/Ecma-262.pdf.

Elmasri, Ramez and Shamkant B. Navathe. 2000. Fundamentals of Database Systems, 3rd ed. The Benjamin/Cummings Publishing Company, Inc, United States of America.

Mulyana, Eueung. 2012. App Inventor: Ciptakan Sendiri Aplikasi Androidmu. ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.

Kroenke, D. M., & Auer, D. J. 2008. Database Concepts. 4th ed. New York:Prentice.
Published
2013-09-20