PEMBUATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEDERAJAT DI SIDOARJO BERBASIS WEB

  • Puput Wijiami Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 234 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 131 times
Keywords: google map, SIG, website, SPK, SMART, trayek angkot

Abstract

Ada bermacam-macam SMA sederajat dan faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan SMA sederajat di Kabupaten Sidoarjo, sehingga kebutuhan akan informasi SMA sederajat untuk mencari lokasi sekolah dan memilih sekolah yang sesuai dengan kriteria meningkat. Salah satu kemampuan SIG(Sistem Informasi Geografis) adalah menunjukkan lokasi suatu objek tertentu beserta keterangan lainnya. Google map API memungkinkan untuk menanamkan google map ke website dan SMART merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multi-kriteria. Berdasarkan hasil kuisioner dan analisis terhadap situs sejenis, beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sistem diantaranya adalah tampilan yang mudah dipahami, informasi mengenai sekolah beserta trayek angkot, fasilitas pencarian sekolah, fasilitas pemberian komentar, serta fitur yang bisa dijadikan penunjang keputusan dalam pemilihan sekolah. Sistem ini menangani proses pendaftaran, input data sekolah, input komentar, input trayek angkot, dan pemilihan sekolah. Sistem ini membutuhkan koneksi internet serta peramban yang mendukung HTML5, CSS3, javascript, dan cookies. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi, dapat disimpulkan bahwa sistem ini membantu masyarakat memperoleh lokasi, informasi, trayek angkot, serta melakukan pemilihan SMA sederajat di Sidoarjo. User bisa memilih sekolah yang dijadikan alternatif sehingga proses pemilihan menjadi lebih efisien. Sistem bisa dikembangkan dengan penambahan penunjuk arah dari suatu lokasi yang terdeteksi sistem atau yang ditunjuk user ke lokasi sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. Google Maps JavaScript API V3, tersedia di: http://developers.google.com/maps/
documentation/javascript/ [diakses 23 April 2012].

Anonim. 2011, Mengenal JavaScript, tersedia di: http://ilmuti.com/2011/10/04/mengenal-javascript-2/ [diakses 18 April 2012].

Anonim. PHP, tersedia di: http://id.wikipedia.org/wiki/PHP [diakses 17 April 2012].

Febry. PHP Syntax, tersedia di: http://tutorial.belajarweb.net/php/php-syntax.html [diakses 17 April 2012].

Goodwin, P., Wright, G., 2004. Decision Analysis for Management Judgement 3rd Edition. Chichester: John Wiley & Sons Ltd.

Komputer, W., 2010. Panduan Praktis Menguasai Pemrograman Web dengan JavaScript 2009. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Puntodewo, A., Dewi, S. & Tarigan, J., 2003. Sistem Informasi Geografis Untuk pengelolaan sumberdaya alam. Bogor: CIFOR.

Ramadhan, A., 2006. SGS: Pemr.Web Database PHP & MySQL. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ribut, D., 2012. Manfaat SIG (Sistem Informasi Geografi) Dalam Kajian Geografi, tersedia di: http://www.sentra-edukasi.com/2012/04/manfaat-sig-sistem-informasi-geografi.html [diakses 17 April 2012].

Veness, C.. Calculate distance, bearing and more between Latitude/Longitude points, tersedia di: http://www.movable-type.co.uk/scripts/latlong.html [diakses 20 Oktober 2012].
Published
2013-09-20