APLIKASI FACEBOOK JOBS FINDER UNIVERSITAS ‘X’

  • Romy Senjaya Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 102 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 129 times
Keywords: jobs finder, aplikasi, facebook, lowongan

Abstract

Lembaga yang mengelola lowongan pekerjaan Universitas ‘X’ mengambil peran layanan sebagai perantara antara Universitas dengan perusahaan/penyedia lowongan pekerjaan yang memerlukan tenaga profesional. Layanan publikasi sudah menggunakan facebook tetapi hanya menampilkan informasi sehingga ketika ada pelamar yang ingin melamar atau penyedia yang ingin membuka lowongan pekerjaan maka harus membuka website lembaga lowongan Universitas ‘X’ atau langsung datang ke Universitas ‘X’. Diharapkan selain memberikan kemudahan dalam proses melamar dan menyediakan lowongan pekerjaan, aplikasi JobsFinder juga membantu lembaga lowongan Universitas ’X’ semakin dikenal oleh kalangan mahasiswa dan penyedia lowongan. Menurut hasil wawancara selama empat hari di Universitas ’X’ 60% dari 20 responden berumur 18-24 tahun, dan menurut hasil wawancara di kantor ’X’ 50% dari 20 responden berumur 30-35 tahun membuka facebook setiap hari sehingga akan cukup efektif jika Jobs Finder menggunakan aplikasi facebook. Pembuatan aplikasi Jobs Finder ini menggunakan framework Code Igniter. Untuk desain interface dan desain interface flow diagram menggunakan microsoft visio. Desain basis data menggunakan MySQL workbench dan diimplementasikan menggunakan MySQL. Implementasi desain user interface menggunakan HTML, CSS, dan JQuery. Dari hasil uji coba yang dilakukan, aplikasi ini membantu pengguna dalam mencari, melamar dan menyediakan lowongan pekerjaan. Selain itu pengguna sebagai pelamar juga selalu update terhadap lowongan terbaru dan respon lamaran dari penyedia lowongan. Dari segi publikasi, aplikasi ini membantu lembaga lowongan pekerjaan Universitas ’X’ semakin dikenal dan membantu penyedia lowongan pekerjaan untuk mempublikasikan lowongan yang telah dibukanya. Dengan demikian maka masalah mengenai publikasi lowongan pekerjaan dan proses melamar/menyediakan lowongan pekerjaan dapat diatasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ellislab. 2006. CodeIgniter User Guide Version 2.1.0. http://ellislab.com/codeigniter/user-guide/ : INTERNET. diakses pada tanggal 5 Mei 2013.

Facebook Developer. 2010. Core Consept Graph API. Graph API Discussion List (Online), (DEVELOPER@facebook.com, diakses pada tanggal 6 Mei 2013).

Anonim. 2012. Facebook Marketing Statistics, Demographics Reports and News.(Online), (http://checkfacebook.com, diakses pada tanggal 9 Mei 2013).

Komputer Wahana. 2010. Membuat Aplikasi Facebook dengan Platform Netbeans. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Published
2013-09-20