PEMBUATAN SISTEM DOMPET ELEKTRONIK UNTUK SEKOLAH MULTI JENJANG “X” BERBASIS BARCODE

  • Risard Thendean Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 209 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1330 times
Keywords: sekolah multi jenjang, sistem informasi, dompet elektronik, barcode

Abstract

Sistem transaksi pembayaran yang dilakukan siswa pada sekolah multi jenjang “X” masih dilakukan secara tunai. Pembayaran dengan uang tunai ini memiliki banyak masalah, salah satunya ialah proses pembayaran yang lambat. Ada juga masalah keamanan yang tidak terjamin misalnya seperti hilangnya uang dan pencurian. Sistem tersebut terkadang dapat merugikan siswa yang harus berhati-hati dengan membawa uang tunai. Selain itu, setiap transaksi yang dilakukan siswa tidak diketahui oleh orang tua.  Dengan adanya kekurangan sistem tersebut, maka perlu dikembangkan sistem pembayaran. Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menjadi sarana komunikasi bagi orang tua untuk mengetahui aktifitas anaknya dengan penerapan pada kartu identitas siswa yang berfungsi sebagai dompet elektronik dengan spesifikasi dapat membaca / merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual, memiliki proses input data lebih tepat, dan proses input lebih akurat mencari data. Teknologi barcode memungkinkan untuk membuat suatu sistem informasi yang diinginkan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ando Rulez, 2011. E-Wallet aka Dompet (Uang) Elektronik [inernet] Jakarta : Diterbitkan 2011 Terdapat di : http://andorulez.com/2011/01/19/e-wallet-aka-dompet-uang-elektronik/ [Diakses : 27 Oktober 2013].

Measurement Equipment Corporation, 2007. Barcode Basics [internet] USA : Diterbitkan 2007 Tersedia di: http://www.makebarcode.com [Diakses : 27 Oktober 2013].
Published
2013-09-20