PENGEMBANGAN DAN PROSPEK PEMASARAN PAKAIAN ORGANIK BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI SURABAYA

  • Angelyna Tanujaya Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya
Abstract Views: 221 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 705 times
Keywords: manajemen pengembangan produk, prospek pemasaran, pemasaran produk, kaos berkerah organik

Abstract

Isu lingkungan semakin menjadi perbincangan hangat baik di kalangan masyarakat hingga para pelaku usaha. Para pelaku usaha mulai meciptakan produk ramah lingkungan dan masyarakat mulai menggunakannya dalam kehidupan sehari‐hari. Salah satu contoh produk yang mulai dikembangkan di luar negeri yaitu pakaian organik. Pakaian organik menggunakan bahan alami seperti katun organik, serat bambu, sutera organik dan pewarna alami. Namun di Indonesia belum banyak yang megetahui sehingga perlu adanya perancangan pakaian organik. Perancangan pakaian organik yang dipilih yaitu perancangan kaos berkerah organik karena dari segi harga lebih murah jika dibandingkan dengan blouse atau dress. Tahapan dalam perancangan produk ini adalah dimulai dari identifikasi customer needs melalui kuesioner, membuat spesifikasi produk, konsep generasi dengan membuat pohon klasifikasi, menyeleksi konsep yang ada dengan concept screening dan concept scoring. Dari 8 konsep dalam pohon klasifikasi terpilih 1 konsep dalam concept scoring yaitu kaos berkerah dengan bahan 100% organik dengan motif polos dan ada aksesoris pelengkap seperti kancing. Dari konsep yang dipilih akan dilakukan pengujian konsep dan pengujian produk. Prospek pemasaran pakaian organik ini cukup menguntungkan dan permintaannya meningkat setiap tahun. Segmentasi dari segi geografis untuk kaos berkerah organik ini adalah untuk wilayah Surabaya. Segmentasi dari segi demografis adalah untuk usia 20‐40 tahun. Segmentasi dari segi psikografis, produk ini ditujukan kepada masyarakat perkotaan yang gemar berbelanja di mall. Tagline untuk produk ini adalah “Save people, save our planet” Sedangkan diferensiasi produk ini mengutamakan keistimewaan produk dari bahan dan desain. Harga yang diberikan untuk kaos berkerah organik ini adalah sekitar Rp.250.000‐ Rp.450.000. Produk ini nanti akan dijual di mall‐mall yang ada di Surabaya seperti di Ciputra World, Grand City, Galaxy Mall dan Tunjungan Plaza. Promosi dilakukan melalui media online, mengadakan pameran yang bertemakan go green dan melalui media cetak. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2009). Reliabilitas dan Validitas, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Pustaka belajar Offset

Churchill, G.A., (2005). Dasar-dasar Riset Pemasaran Edisi Keempat Jilid Pertama Alih Bahasa oleh Andriani. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Cohen, L., (1995). Quality Function Deployment: How to make QFD Work for You. United States of America: Addison-Wesley.

Daetz, Doug, Bill Barnard and Rick Norman., (1995), Customer Integration : The Quality Function Deployment (QFD) Leader’s Guide for Decision Making. USA : John Willey and Sons Inc.

Fabianus Jehosua, Nico. (2006). Rancangan Pengembangan produk baru Pocari Sweat di Surabaya, Fakultas Teknik Industri Universitas Surabaya, Surabaya.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol (Edisi Bahasa Indonesia), Jilid 1. Surakarta: PT.Pelabelan Surakarta.

Lianto, B. dan Aryo, D. (2005). Perencanaan Industri, Tim Dosen Perencanaan Industri Universitas Surabaya, Surabaya.

Prananta Soenyoto, Dany. (2012). Perancangan Strategi Pemasaran Shuttlecock Merek SAS di UD.Surya Abadi Sport, Surabaya, Fakultas Teknik Industri Universitas Surabaya, Surabaya.

Santoso,S. Dan Tjiptono,F. (2004). Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Edisi Ketiga. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Solomon dan Elnora, (2003). Strategi Pemasaran, Jakarta : Kelompok Gramedia. Sugiarto et al. (2001). Teknik Sampling. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Supranto, M.A., (1997). Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Tanoto, Heru. (2006). Perancangan dan prospek pemasaran meja kursi lipat untuk anak usia prasekolah, Fakultas Teknik Industri Universitas Surabaya, Surabaya.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi ketiga, Andi, Yogyakarta.

Ulrich, K.T dan Eppinger, S.D. (2007). Perancangan dan Pengembangan Produk (Product Design and Development), Salemba Teknika, Jakarta.
Blink 3rd Edition, http://www.kingfoto.com/article_detail.php?id=320293 &category=1, diakses 5 Oktober 2012

Carabudidaya.com, 2011, http://carabudidaya.com/peranan-pestisida-dan-bahayanya/, diakses 5 Oktober 2012

Prasetya, http://prasetya.ub.ac.id/berita/Seminar-Nasional-Green-Product-4519-id.htm, diakses 15 April 2013.

Prof.Mrs.Nandini dan M.Deshpande. (2011). A conceptual framework on green marketing-a tool for sustainable development).

Rod J.Martin. (2010). A proposed bible-science perspective on global warming Tomohiko Sakao. (2007). A QFD-centred DesignMethodology for Environmentally Conscious Product Design
Published
2013-09-20