INTENSITAS KOMUNIKASI DENGAN MENGGUNAKAN BLACKBERRY MESSENGER DITINJAU DARI KONFORMITAS DAN TIPE KEPRIBADIAN EKSTRAVERSION
Abstract
Media komunikasi yang saat ini sering digunakan adalah BlackBerry Messenger. Banyak remaja yang menggunakan BlackBerry Messenger karena lingkungan sekitarnya juga menggunakan. Remaja sendiri adalah individu yang mudah untuk melakukan konformitas dengan temannya karena salah satu tugas perkembangan remaja adalah menjalin relasi lebih baik lagi dengan temannya. Konformitas adalah suatu tindakan individu yang mengubah perilakunya berdasarkan norma sosial atau berdasarkan tekanan dari lingkungan sosialnya. Mengikuti lingkungan sekitar menjadi salah satu cara untuk diterima di lingkungan sehingga remaja dapat berelasi dengan temannya. Komunikasi dapat menjadi cara untuk remaja menjalin relasi. Berkomunikasi dengan BlackBerry Messenger banyak dipilih oleh remaja saat ini karena banyak temannya yang juga menggunakan BlackBerry Messenger untuk berkomunikasi. Intensitas komunikasi adalah tingkat kedalaman pesan yang ditandai dengan adanya kejujuran, keterbukaan, dan saling percaya sehingga dapat memunculkan suatu respon perilaku. Setiap tipe kepribadian akan memiliki perbedaan dalam berkomunikasi. Tipe kepribadian ekstrovert adalah individu yang fokusnya mengarah keluar yang artinya pikiran, perasaan dan tindakannya biasanya ditentukan oleh lingkungan sedangkan tipe kepribadian introvert adalah orang yang cenderung berfokus pada dirinya sendiri, semua hal dipandang menurut sudut pandang. Penelitian dilakukan pada 114 remaja SMA Kristen Kalam Kudus Surabaya. Data penelitian diperoleh dengan memberikan angket. Angket intensitas komunikasi disusun oleh Sulaeman (2011), untuk angket konformitas disusun oleh Tiyasa (2010), dan untuk angket tipe kepribadian diambil dari sakal ekstraversion pada angket IPIP (International Personality Item Pool) yang disusun oleh Goldberg (1999). Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara intensitas komunikasi menggunakan BlackBerry Messenger dengan konformitas (sig=0,021) dengan korelasi yang cukup memadai (r=0,216). Hasil penelitian juga menunjukan ada perbedaan intensitas komunikasi menggunakan BlackBerry Messenger antara tipe kepribadian ekstrovert dan introvert (sig=0,002). Tipe kepribadian ekstrovert memiliki intensitas komunikasi lebih tinggi (mean=105,45) dibandingkan tipe kepribadian introvert (mean=100,84). Hanya ada 3 aspek intensitas komunikasi yang memiliki perbedaan, yaitu frekuensi, keteraturan, serta keluasan dan jumlah orang yang diajak berkomunikasi. Sedangkan 3 aspek lainnya, yaitu durasi, perhatian, dan kedalaman tidak ada perbedaan.
Downloads
References
Byod, D. M. & Ellison, N. B. (2007). Social network sites: definition, history, and scholarship. Diunduh pada 2 Maret 2012 http://jcmc.indiana.edu/vol13/issue1/boyd.ellison.html
DeVito, J. A. (1997). Human communication (5th ed.). (Agus Maulana, Pengalih bhs.). Jakarta: Professional books.
Feist, J. & Feist, J. G. (2008). Theories of personality (6th ed). (Yudi Santoso, Pengalih bhs.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ginting, M. R. B. (2012). Perbedaan academic self management ditinjau dari dimensi kepribadian ekstrovert dan introvert pada siswa SMA sutomo I medan. Skripsi tidak diterbitkan.
Gunarsa, S.D dan Gunarsa, Y.S.D. (2004). Psikologi praktis anak, remaja dan keluarga (7th ed). Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia
Hadijah, S. A. (2011). Kontribusi konformitas terhadap pencapaian identitas diri remaja. Skripsi tidak diterbitkan.
Handayani, D. A. (2011). Mayasmara dan mayaseries (kita baru jual buku). Diunduh 8 Maret 2012 pada http://media.kompasiana.com/buku/2011/09/14/mayasmara-dan-mayaseries-kiat-baru-jual-buku/
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). (Istiwidayanti & Soedjarwo, Pengalih bhs). Jakarta: Erlangga.
Ibrahim, R. (2011). Anak kita, globalisasi dan gadget canggih. Diunduh 8 Maret 2012 pada http://www.sekolahtunasmuda.com/anak_kita.html
Lubis, F. W. (2008). Peranan komunikasi dalam organisasi. Diunduh 7 April 2012 pada http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/18705/1/har-jan2008-2%20(6).pdf bhs). Jakarta: Salemba Humanika.
Pinem, I. K. (2011). Penggunaan blackberry messenger dan intensitas komunikasi. Skripsi tidak diterbitkan.
Riasnugrahani, M. (2011). Pembentukan techno-family system sebagai upaya mengatasi family technostress. Diunduh 11 Agustus 2013 pada http://repository.maranatha.edu/1071/1/Pembentukan%20Techno-Family%20System%20Sebagai%20Upaya%20Mengatasi%20Family%20Technostress.pdf
Sholihah, M. (2012). Hubungan antara tipe kepribadian dengan keaktifan belajar mahasiswa pada kelas shobahul lughoh di ma’had sunan ampel al-‘aly. Skripsi tidak diterbitkan
Sitohang, A. (2009). Hubungan antara konformitas terhadap kelompok teman sebaya dengan pembelian implusif pada remaja. Diunduh pada 9 Juli 2013 pada http://eprints.undip.ac.id/11128/1/ringkasan_final.pdf
Sulaeman, B. (2011). perbedaan intensitas komunikasi melalui fitur blackberry messenger berdasarkan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert pada mahasiswa universitas bina nusantara. Skripsi tidak diterbitkan.
Suryabrata, S. (1982). Psikologi kepribadian. Jakarta: CV. Rajawali. Susilawati, R. (2012). BlackBerry sasar anak muda surabaya. Diunduh 7 Maret 2012 pada http://www.beritajatim.com/detailnews.php/1/Ekonomi/2012-04-26/133654/BlackBerry_Sasar_Anak_Muda_Surabaya__
Suyasa, P. T. Y. S., Dewi, F. I. R., Savitri, S. (2005). Perbedaan minat dalam penggunaan fungsi internet berdasarkan tipe kepribadian. Diunduh 11 Juli 2013 pada https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CCwQFjAA&url=http%3A%2F%2Fejurnal.esaunggul.ac.id%2Findex.php%2FPsi%2Farticle%2Fdownload%2F34%2F34&ei=vg_fUZOeCs3jrAfd04HQAQ&usg=AFQjCNFvIW1R6U-KcI_8r4SpFb9K4-SPGg&sig2=WIlviWME8DloZus821p6Sg&bvm=bv.48705608,d.bmk
Tiyasa, P. W. (2010). Hubungan antara konformitas dengan kenakalan remaja dengan konsep diri sebagai variabel moderator. Skripsi tidak diterbitkan.
Wicaksono, R. A. (2012). Incar entry level, RIM luncurkan blackberry curve 9220. Diunduh 7 Maret 2012 pada http://swa.co.id/uncategorized/incar-entry-level-rim-luncurkan-blackberry-curve-9220
Zahra, H. A. (2011). BlackBerry dan anak muda indonesia. Diunduh 7 Maret 2012 pada http://kampus.okezone.com/read/2011/01/27/95/418603/blackberry-dan-anak-muda-indonesia
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.