EVALUASI PENERAPAN E-LEARNING DI JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana pemanfaatan e-learning oleh mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan menggunakan objek Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya yang bergerak di bidang pendidikan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah narasumber yang terdiri dari dosen-dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, mahasiswa angkatan 2010 dan mahasiswa angkatan 2011. Guna untuk melakukan cross-check, selain metode wawancara, peneliti menggunakan metode penelitian lain berupa kuesioner, analisis dokumen, dan observasi secara langsung. Hasil evaluasi yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengolahan e-learning yang diterapkan pada Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya belum maksimal karena tidak adanya suatu tindakan evaluasi yang pasti. Permasalahan yang terjadi untuk menerapkan e-learning secara umum adalah masalah waktu dan keinginan dalam menggunakan e-learning. Sehingga perlu adanya kesadaran dari diri sendiri untuk mulai menggunakan metode pembelajaran yang lebih moderen pada Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya.
Downloads
References
Bahman. 2011. pengembangan model pembelajaran e-learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Butcher N. Dilihat pada : 30 mei 2013 dari http://beritasore.com/2011/10/11/e-learning-bukan-gantikan-tatap-muka/
Djamarah, et al. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Effendi E, Zhuang H. 2005. e-learning, Konsep dan Aplikasi. Andi Offset.Yogyakarta.
Graf S, List B. 2005. An Evaluation of Open Source E-Learning Platforms Stressing Adaptation Issues," icalt, Fifth IEEE International Conference on Advanced Learning Technologies.
Iaiglobal. Dilihat pada : 30 mei 2013 dari http://www.iaiglobal.or.id di akses tanggal 30 mei 2013
Ifac. Dilihat pada : 30 mei 2013 dari http://www.ifac.org/ internetworldstats. Dilihat pada : 22 mei 2013 dari http://www.internetworldstats.com/asia/id.htm
Moodle. Dilihat pada : 22 mei 2013 dari https://moodle.org/mod/url/view.php?id=3963
Munir, 2008, Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi, Alfabeta, Bandung
Muzid S., Munir M., 2005, Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan E-Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan, SNATI
Permana P., 2010, E-learning, Sistem Manajemen Pembelajaran online
Purbo O. Dilihat pada : 5 Desember 2013 dari http://www.geocities.com/inrecent/project.html diakses 4 November 2009.
Riyanto, Geger. 2005. TI Inovasi BagI Dunia Pendidikan, http://lpmpjogja.diknas.go.id/materi/ti/TIInovasiBagiDuniaPendidikan.pdf
Rosenberg M. 2001, Strategies for Delivering Knowledge in The Digital Age, McGraw Hill.
Ru-Jen C, Yueh-Hsiang C., 2009, Evaluation Of The Criteria And Effectiveness Of Distance E-Learning With Consistent Fuzzy Preference Relations, Expert Systems with Applications. Vol.36 : 10657-10662
Siahaan S. 2002. Studi Penjajagan tentang Kemungkinan Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran di SLTA di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Tahun Ke-8, No. 039, November 2002. Jakarta.
Sutanta E., 2009, Konsep Dan Implementasi E-Learning, Jurnal Dasi.
Syah M. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Rosda karya. Bandung.
Thoha, M.C. (2003). Teknik evaluasi pendidikan, Raja Grafindo Persada, Bandung.
Wahono, R.S. (2008). Dilihat pada : 2 Desember 2013 dari http://romisatriawahono.net/2008/01/23/meluruskan-salah-kaprah-tentang-e-learning/
Zulkarnain. Dilihat pada : 30 mei 2013 dari http://beritasore.com/2011/10/11/e-learning-bukan-gantikan-tatap-muka/
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.