PENGARUH DESTINATION IMAGE TERHADAP DESTINATION LOYALTY PADA KABUPATEN MALANG MENURUT WISATAWAN ASAL SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh destination image terhadap destination loyalty pada Kabupaten Malang menurut wisatawan asal Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Target populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan asal Surabaya yang pernah mengunjungi dan menginap di Kabupaten Malang dua kali dalam satu tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan aras pengukuran interval, yaitu suatu pengukuran yang mempunyai jarak yang sama dan selisih yang jelas. Jenis skala pengukuran yang digunakan adalah Likert scale dengan memberikan penilaian dari satu sampai lima. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Dari hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa destination image mempunyai pengaruh yang positif terhadap destination loyalty pada Kabupaten Malang menurut wisatawan asal Surabaya Artinya apabila wisatawan memiliki persepsi destination image semakin positif maka akan menyebabkan destination loyalty dari wisatawan.
Downloads
References
Arvina Janedea, Studi Deskriptif Destination Image Jakarta Berdasarkan Persepsi Wisatawan asal Surabaya, Universitas Surabaya
Artuger, Cetinsoz, dan Kilic, “The Effect of Destination Image on Destination Loyalty: An Application In Alanya”., European Journal of Business and Management Vol. 5, No.13, 2013
Bozbay PhD, Ozen, 2008, “The Assessment of Greece’s Image as a Tourism Destination”, p.47-60
Hair Jr, Bush, Ortinau, 2002, Marketing Research “Within a Changing Information Environment”, McGraw-Hill/Irwin, 2 Edition, p.361
Kanjuruhan, “Media Informasi Pemerintah Kabupaten Malang”, edisi Januari-Maret 2013
Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, 2013, “Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Tahun 2012 Dalam Angka”, p.55
Nanda Kurnia Aditya, Studi Deskriptif Destination Image Kota Batu terhadap Wisatawan Domestik di Jawa Timur, Universitas Surabaya
Soekadijo, R.G., 1996, Anatomi Pariwisata “Memahami Pariwisata sebagai systemic linkage”, Gramedia Pustaka Utama.
Sujianto, A.E., 2007, Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk Pemula, Prestasi Pustaka
Suwantoro, G., 1997, Dasar-dasar Pariwisata, ANDI Yogyakarta.
http://www.indonesia.go.id/in/potensi-daerah/pariwisata, diunduh pada 8 februari 2014
http://berita.plasa.msn.com /bisnis/ okezone/ peringkat-industri-pariwisata-indonesia-naik-4-peringkat,diunduh pada 27 februari 2014
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-timur/13/09/02/mshwaa-jawa-timur-paling-diminati-wisatawan-nusantara, diunduh pada 12 Maret 2014
http://www.indonesia.travel/id/discover-indonesia/region-detail/34/jawa-timur, diunduh pada 12 Maret
http://www.malangkab.go.id/potensi-daerah-01-39.html, diunduh pada 13 Maret 2014
http://www.memoarema.com/31343/bangun-infrastruktur-wisata.html , diunduh pada 15 Maret
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.