ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN IPO DI BEI PADA 2001-2013

  • Heri Kusminto Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 571 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 575 times
Keywords: Initial Public Offering (IPO), persentase underpricing, dan Bursa Efek Indonesia (BEI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah umur perusahaan, kepemilikan pemerintah, offering size, reputasi underwriter, return on assets, financial leverage, dan persentase saham yang ditawarkan pada publik berpengaruh terhadap persentase underpricing yang melakukan IPO. Penelitian ini menggunakan data dari 220 perusahaan yang melakukan IPO di BEI mulai tahun 2001-2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh umur perusahaan, kepemilikan pemerintah, offering size, reputasi underwriter, return on assets, financial leverage, dan persentase saham yang ditawarkan pada publik. Hasil penelitian menjelaskan bahwa offering size, reputasi underwriter, dan financial leverage berpengaruh signifikan terhadap persentase underpricing. Sedangkan umur perusahaan, kepemilikan pemerintah, return on assets dan persentase saham yang ditawarkan pada publik tidak berpengaruh signifikan terhadap persentase underpricing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga, P., dan Pakarti, P., 2001, Pengantar Pasar Modal, Jakarta: PT Rineke Cipta.

Bapepam, 2003, Panduan Investasi di Pasar Modal Indonesia.

Chi, J., dan Padgett, C., 2002, Short-Run Underpricing and its Charaacteristics in Chinese IPO Markets, ISMA Discussion Papers in Finance, The University of Reading, UK

Darmadi, S., dan Gunawan, R., 2013, Underpricing, Board Structure, and Ownership: An Empirical Examination of Indonesian IPO Firms, Managerial Finance, Vol. 39 No. 2, 181-200.

Febriyana, Meiden C., dan Tumpal J.R.S., 2012, Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Return 7 Hari Setelah Initial Public Offerings Untuk Perusahaan-perusahaan yang Sahamnya di BEI Mengalami Underpricing, Forum Bisnis dan Keuangan, Vol. 1, 1-13.

Ghozali, I., 2002, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Helwege, J., dan Liang, N., 2002, Initial Public Offerings in Hot and Cold Marekts, Capital Market Section, Ohio State University.

Indonesian Capital Market Directory, Tahun 2001 sampai dengan 2013

Isfaatun, E., dan Hatta, A.J., 2010, Analisis Informasi Penentu Harga Saham Saat Initial Public Offering, Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 15, No. 1.

Kenourgios, D.F., Papathanasiou, S., dan Melas, E.R., 2007, Initial Performance of Greek IPOs, Underwriter’s Reputation and Oversubcription, Managerial Finance, Vol. 33, 332-343.

Keputusan Ketua Bapepam Nomor Kep-05/PM/1995.

Kristiantari, I Dewa Ayu., 2012, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Panawaran Saham Perdana di BEI, Thesis, Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Maya, R., 2013, Pengaruh Kondisi Pasar, Persentase Saham Yang Ditawarkan, Financial Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Underpricing Saham Yang IPO di BEI, Skripsi, Universitas Negeri Padang.

Samsul, M., 2006, Pasar Modal dan Manajemen Portofolio, Jakarta: Erlangga.
Published
2017-09-01