ANALISIS PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERDASAR PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING, Tbk

  • Olivia Agustin Universitas Surabaya
  • Dianne Frisko Universitas Surabaya

Abstract

Setiap badan usaha, dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara tidak langsung pasti membutuhkan masyarakat dan lingkungan disekitarnya. Keberadaan badan usaha dapat memberikan dampak yang positif maupun negatif bagi masyarakat disekitarnya. Para pelaku dunia industri mulai menyadari bahwa dalam menjalankan usahanya, selain bertujuan untuk memperoleh profit tentunya juga harus turut memperhatikan aspek lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu, badan usaha memiliki tanggung jawab kepada stakeholders untuk memberikan nilai tambah dan bentuk kepedulian badan usaha terhadap lingkungan disekitar. Hal ini yang menyebabkan badan usaha perlu melakukan kegiatan yang disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam melaksanakan CSR, diperlukan acuan/ prinsip untuk dapat menilai pelaksanaan CSR telah berjalan dengan efektif atau tidak. Salah satunya yaitu Prinsip-prinsip dalam Good Corporate Governance (GCG). Dengan adanya prinsip GCG, diharapkan praktik CSR dapat lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu badan usaha yang telah menerapkan program CSR, yaitu PT Enseval Putera Megatrading, Tbk. Badan usaha dagang ini merupakan distributor dari produk-produk kesehatan dan obat-obatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi terkait dengan kendala-kendala yang dihadapi oleh badan usaha dalam menerapkan program CSR. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat membantu pihak manajemen dalam mengembangkan program CSR di masa yang akan datang sehingga sesuai dengan prinsip GCG dan kebutuhan para stakeholders.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01
How to Cite
AGUSTIN, Olivia; FRISKO, Dianne. ANALISIS PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERDASAR PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING, Tbk. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 18, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/104>. Date accessed: 20 nov. 2017.