PERANCANGAN BALANCED SCORECARD INTERNAL BUSINESS PROCESS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA OPERASIONAL PT. PELABUHAN INDONESIA III DI SURABAYA

  • Irma Defani Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Wiyono Pontjoharyo Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 445 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1019 times
Keywords: Balanced Scorecard, Internal Business Process, Strategi, Bongkar Muat Petikemas

Abstract

Badan usaha memerlukan suatu pedoman agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pedoman yang dimaksud adalah terdapatnya pengukuran kinerja yang baik. Dengan adanya pengukuran kinerja yang baik, badan usaha mampu memperbaiki kinerja-kinerja yang buruk agar badan usaha dapat melakukan penyesuaian untuk terus bersaing. Sistem yang baik tidak akan tercipta tanpa adanya langkah-langkah dan perencanaan. Balanced Scorecard sebagai suatu sistem manajerial yang berfungsi menggambarkan hubungan antara langkah-langkah yang telah dilakukan. Perancangan Balanced Scorecard dimulai dari menganalisis permasalahan apa saja yang timbul, khususnya untuk perspektif proses bisnis internal badan usaha. Selanjutnya, akan dibangun perancangan dengan berdasarkan tahapan-tahapan pada fase assessment, strategy, objectives, strategy map, measurement dan initiatives. Hasil dari penelitian ini berupa strategi-strategi perbaikan kinerja bagi PT. Pelindo III dengan fokus proses bisnis internal yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja operasional PT. Pelindo III di Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina. 2000. Pengukuran Kinerja di Pabrik Makanan Ternak Kejayaan Pasuruan dengan Menggunakan Balanced Scoreacard. Skripsi. Surabaya: Fakultas Teknik Jurusan Industri Universitas Surabaya.

Barney, J. B. 2002. Gaining and Sustaining Competitive Advantage. Second Edition. The Ohio State University.

Edosomwan, Johnson A. 1995. Customer and Market-Driven Quality Management. New Delhi, ASQC.

Gaspersz, Vincent. 2000. Manajemen Produktivitas Total. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Gunawan, Barbara. 2000. Menilai Kinerja dengan Balanced Scorecard, Manajemen, No. 145, September.

Hansen, R. D., Mowen, M. M., dan Guan L. 2009. Cost Management: Accounting and Control. Edisi Keenam. United States of America, South-Western: Cengage Learning

Hax, A. C. And N. S. Majluf. 2006. The Strategy Concept and Process, A Pragmatic Approach. New Jersey: Prentice-Hall, Upper Saddle River

Srimindarti, Ceacilia. 2004. Balanced Scorecard sebaagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja. Fokus Ekonomi. Vol. 3, No. 1, April.

Kaplan, R. S., and D. P. Norton. 1996. Translating Strategy Into Action: The Balanced Scorecard. United Stated of America: Harvard Business School Press.

________. 2000. Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

________. 2004. Strategy Maps: Converting Intangible Assets Into Tangible Outcomes. United States of America: Harvard Business School Press.

Mardiana, J. 2013. Penyusunan Strategy Map dan Balanced Scorecard, Studi Kasus PT. PUMA LOGISTICS INDONESIA. Surabaya: Universitas Airlangga.

Mathis, R. L. Dan J. H. Jackson. 2003. Human Resource Management. Thompson, New York.

Moullin, M. 2003. Defining Performance Measurement: Perspectives on Performance. 2(2), 3.

Mulyadi. 1997. Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat, dan Rekayasa (Edisi Kedua). Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)