IMPLIKASI ACTION CONTROL TERHADAP KETAATAN PADA KEBIJAKAN ANTI NARKOBA DI KLUB MALAM “ON” SURABAYA

  • Stefanie Stefanie Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Wiyono Pontjoharyo Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 151 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 202 times
Keywords: sistem pengendalian manajemen, action control, kebijakan anti narkoba

Abstract

Dalam prosesnya, Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) akan memaksa manajemen pada seluruh tingkatan untuk memastikan dan mengontrol bahwa orang-orang yang bekerja di dalamnya mengimplemetasikan strategi yang efektif dan efisien. Objek penelitian ini merupakan badan usaha yang bergerak di bidang hiburan malam. Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran action control pada ketaatan karyawan terhadap kebijakan anti narkoba yang diterapkan dalam klub malam “ON” di Surabaya. Data penelitian didapat melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang positif dikarenakan karyawan mampu mematuhi dan menaati segala peraturan serta kebijakan yang dibuat oleh klub malam “ON” di Surabaya. Sehingga dengan kata lain, penerapan akan sistem pengendalian manajemen dalan badan usaha telah berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan badan usaha. Sesuai dengan tujuan studi penulisan skripsi ini, dalam pembahasannya akan dilihat bagaimana implikasi action control, serta kebijakan anti narkoba yang terdapat dalam badan usaha tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony, Roberth N., dan Vijay Govindarajan. 2007. Management Control System, 12th ed. New york: Mc Graw Hill Companies, Inc.

Arsa, Gustiani Santi. 2009. Sistem Pengendalian Manajemen. https://santigustiani.wordpress.com/2009/10/30/sistem-pengendalian-manajemen/ (diunduh tanggal 13 juni 2017)

Dunn, William N. 1999. Analisis Kebijakan. Diterjemahkan Drs. Samodra Wibawa, MA dkk. Edisi ke 2. Jakarta

Gomes, F. C. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Govindarajan, V. and Gupta, A. K., 1985. Linking Control Systems to Business Unit Strategy: Impact on Performance, Accounting, Organizations and Society pp. 51-66.

Greenberg, J., and R. A. Baron. 2008. Behavior in Organizations Ninth Edition. Pearson International Edition. New Jersey : Prentice Hall.

Hartijasti, Yanki. 2001. Tesis: Hubungan antara Budaya Organisasi dengan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Program Pascasarjana Fakultas Psikologi UI.

Hopwood, A. 1976. Accounting a Human Behaviour.New South Wales: Haymarket Publishing Limited.

Imron, Ali. 2002. Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara. http://www.pengertianahli.com/2014/08/pengertian-kebijakan-menurut-para-ahli.html# (diunduh tanggal 9 Juni 2017)

Juminten, Serat. 2012. Dunia Malam Sebagai Gaya Hidup dan Pengaruhnya Terhadap Anak Muda di Yogyakarta. https://seratjuminten.wordpress.com/2012/07/31/dunia-malam-sebagai-gaya-hidup-dan-pengaruhnya-terhadap-anak-muda-di-yogyakarta/ (diunduh tanggal 2 Juni 2016)

Langevin, P. and Mendoza, C. (2013). “How can management control system fairness reduce managers unethical behaviours?”, European Management Journal, Vol. 31 No. 3, pp. 209–222

Lester, James P., and Joseph Stewart Jr. (2000). Public Policy: An Evolutionary Approach, Belmont. Warsworth.
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)