Pengembangan Granul Herbal Pada Tanaman Kumis Kucing, Temulawak, dan Pegagan dengan Pengisi Maltodextrine dan Spray Dried Lactose

  • Roisah Nawatila Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya
  • Diva Amadea Nabilla Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya
  • Fransiska Levina Oktaviani Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya
  • Rista Noer Efendi Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya
  • Ade Ayu Kintan Anjarsari Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya
  • Chintya Dewi Tanuwijaya Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya
  • Rahma Anida Putri Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya
  • Aditya Trias Pradana Departemen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya, Surabaya

Abstract

Pemanfaatan produk herbal di Indonesia semakin berkembang sejak tahun 2008. Daun kumis kucing (Orthosiphon stamineus), rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza), dan herba pegagan (Centella asiatica) memiliki khasiat dalam mengatasi hipertensi ringan, namun masih memiliki rasa yang kurang enak. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan pengembangan produk herbal yang inovatif berupa granul yang dibuat dengan metode granulasi kering dengan pengisi Maltodextrine dan Spray Dried Lactose (SDL). Pada formula 1 menggunakan Maltodextrine, formula 2 menggunakan SDL, dan formula 3 menggunakan kombinasi dari kedua pengisi (1:1 w/w). Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh jenis pengisi terhadap mutu fisik granul herbal. Data mutu fisik dianalisis statistik menggunakan metode oneway ANOVA (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengisi maltodextrine memberikan mutu fisik (terutama pada sifat alir granul) yang lebih optimal apabila dibandingkan dengan menggunakan pengisi spray dried lactose atau kombinasi keduanya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-18
How to Cite
NAWATILA, Roisah et al. Pengembangan Granul Herbal Pada Tanaman Kumis Kucing, Temulawak, dan Pegagan dengan Pengisi Maltodextrine dan Spray Dried Lactose. MPI (Media Pharmaceutica Indonesiana), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1-9, june 2020. ISSN 2527-9017. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/MPI/article/view/2790>. Date accessed: 21 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.24123/mpi.v3i1.2790.
Section
Original Research Articles