d’bESt KLINIK DENTAL BEAUTY AESTHETIC CLINIC

  • Elsa Indra Lukmantono Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 271 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1832 times
Keywords: klinik gigi, klinik estetik, product differentiation

Abstract

d’bESt Klinik ini merupakan suatu klinik di bidang kesehatan yang melayani di bidang estetik. Klinik ini mempunyai konsep ‘one stop beauty shopping’ yang memberikan layanan dimulai dari kesehatan, wajah, gigi, tubuh dan kaki. d’bESt Klinik mempunyai tag line “Your beauty innovator” dimana klinik ini selalu mengedepankan inovasi terbaru yang dapat memaksimalkan kecantikan seseorang”. Industri kecantikan yang semakin maju pada negara berkembang sangat menjanjikan dan Indonesia merupakan salah satu dari negara tersebut. Bisnis kecantikan ini menjadi pilihan karena di zaman modern ini, manusia dituntut untuk menjaga penampilannya, oleh karena itu kebutuhan akan terciptanya penampilan yang menarik semakin hari semakin besar. Alasan ini yang menyebabkan d’bESt klinik menyediakan klinik kecantikan yang meliputi perawatan tubuh, kulit, rambut, wajah hingga gigi. Strategi yang digunakan oleh penulis mengacu pada strategi Porter yaitu product differentiation yang sesuai dengan tag line dari d’bESt Klinik. Berdasarkan analisis keuangan yang dilakukan oleh penulis bisnis ini dianggap layak untuk dijalankan dengan nilai WACC sebesar 7,97%, IRR 17%, dan Payback periode pada 4 tahun 5 bulan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Kota Surabaya. 2013. Statistik Daerah Kota Surabaya 2013. http://surabayakota.bps.go.id/?hal=publikasi_detil&id=5, diakses 18 Juni 2014.

http://artikeltentangkesehatan.com/kecantikan-gigi.html, diakses tanggal 17 Juni 2014

http://idadaii.blogspot.com/2012/11/perempuan-dan-belenggu-kebutuhan-akan.html, diakses tanggal 17 Juni 2014.

http://indonesianconsume.blogspot.com/2013/03/indonesia-pasar-potensial-bagi-industri.html, diakses tanggal 29 Juni 2014

http://industri.kontan.co.id/news/pasar-kosmetik-nasional-naik-15-di-2014, diakses 17 Juni 2014.

http://theclinicindonesia.com/pendahuluan-theclinic/, diakses tanggal 17 Juni 2014

http://tiarasarastika.blogspot.com/2012/12/industrikosmetik-latarbelakang-industri.html, diakses tanggal 17 Juni 2014

http://www.astamediagroup.com/blog/ini-dia-3-inovasi-seru-teknologi-kecantikan.html, diakses tanggal 17 Juni 2014

http://www.beritasatu.com/ekonomi/145046-pasar-industri-kosmetika-indonesia-terus-bertumbuh.html,diakses tanggal 17 Juni 2014.

http://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/data/Default.aspx, diakses 14 Agustus 2014

http://www.bi.go.id/id/moneter/suku-bunga-penjaminan/Contents/Default.aspx, diakses 14 Agustus 2014

http://www.bps.go.id/brs_file/inflasi_03feb14.pdf, diakses 14 Agustus 2014

Niven, Paul R. 2008. “ Second Edition Balanced Scorecard Step by Step for Government and Nonprofit Agencies”.

Porter, Michael E. 1998.” Competitive Strategy Techniques for Analyzing Industries and Competitors”. New York.

www.administrasibisnis.studentjournal.ab.ac.id, diakses 14 Agustus 2014

www.bca.co.id/id/kurs-sukubunga/suku-bunga/suku-bunga_landing.jsp, diakses 14 Agustus 2014
Published
2015-03-01