IMPLIKASI BUDAYA PADA CONTROL BISNIS KELUARGA ETNIS TIONGHOA: STUDI KASUS PADA CV. K DI SAMARINDA
Abstract
Sebagai salah satu etnis minoritas di Indonesia, etnis Tionghoa mampu menguasai perekonomian Indonesia. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan ini adalah nilai yang dianut oleh etnis Tionghoa, yaitu mengutamakan keluarganya. Nilai inilah yang akan terus dibawa untuk memberikan keberhasilan dalam berusaha. Sehingga tidak dipungkiri, seringkali bentuk dari usaha yang dimiliki oleh etnis Tionghoa di Indonesia berbentuk family business. Metode penelitian yang digunakan adalah basic research, karena penelitian ini mengembangkan dan memperkaya teori sebelumnya mengenai bagaimana implikasi dari budaya etnis Tionghoa pada bisnis keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori karena penelitian ini berusaha untuk memberikan wawasan mengenai implikasi budaya pada penerapan control dalam bisnis keluarga etnis Tionghoa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman lebih dalam terkait dengan implikasi dari budayabudaya yang dianut oleh etnis Tionghoa dalam menjalankan control bisnis keluarga, terutama dimana jajaran top management-nya merupakan anggota keluarga. Objek dari penelitian ini berupa bisnis keluarga yang berada di Samarinda, Kalimantan Timur. Dengan demikian dapat terlihat dengan jelas bagaimana implikasi dari budaya yang ada pada control yang diterapkan.
Downloads
References
Anthony, Robert N., and Govindarajan, V. 2007. Management Control Systems volume 10. McGraw-Hill.
Ananta, Aris, E. N. Arifin, M. S. Hasbullah, N. B. Handayani, and A. Pramono. 2015. Demography of Indonesia’s Ethnicity. Institute of Southeast Asian Studies and BPS-Statistics Indonesia
Biro Pusat Statistik, 2011. Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, dan Bahasa Sehari-Hari Penduduk Indonesia: Hasil Sensus Penduduk 2010, hal 17-18
Carlock, Randel S, M. Kets de Vries, and E. Florent-Treacy. 2007. Family Business International Encyclopedia of Organizational Studies.
Efferin, Sujoko, and W. Pontjoharyo. 2006. Chinese Indonesian Businesses in the Era of Globalization: Ethnicity, Culture, and the Rise of China. Southeast Asia’s Chinese Businesses in an Era of Globalization: Coping with the Rise of China. Leo Suryadinata (Ed.). Institute of Southeast Asian Studies,Singapore: 102-161.
Efferin, Sujoko, and T. Hopper. 2007. Management control, culture and ethnicity in a Chinese Indonesian company. Accounting, Organizations and Society, Vol. 32: 223-262.
Efferin, Sujoko, dan B. Soeherman. 2010. Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manajemen Filosofi dan Aplikasi. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Goel, Sanjay, X. He, and R. Karri. 2011. Family involvement in a hierarchical culture: Effect of dispersion of family ownership control and family member tenure on firm performance in Chinese family owned firms. Journal of Family Business Strategy, Vol. 2: 199-206.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.