ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (OPZ) PADA LAZNAS “X” DI SURABAYA DALAM RANGKA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ORGANISASI

  • Aulia Damayanti Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Senny Harindahyani FBE Universitas Surabaya
Abstract Views: 401 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1137 times
Keywords: organisasi pengelola zakat, pengendalian internal, efektivitas dan efisiensi OPZ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelima komponen pengendalian internal yang diterapkan dalam Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dalam ketiga aktivitas pada LAZNAS “X” yang ada di Surabaya. Penelitian ini secara khusus ingin mengetahui bagaimana penerapan pengendalian internal yang baik untuk OPZ sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari organisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah applied research dengan metode pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini disebutkan rekomendasi bagi LAZNAS “X” agar dapat meningkatkan pengendalian internalnya dalam menjalankan aktivitas OPZ. Hasil penelitian menemukan bahwa perlu adanya peningkatan dari pengendalian internal yang diterapkan dalam masing-masing aktivitas. Peningkatan diperlukan sebab pengendalian internal yang masih lemah di salah satu komponen. Peningkatan pengendalian internal dalam aktivitas OPZ mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, Atik. 2010. Pengelolaan Zakat oleh Negara dan Swasta, Studi Efektifitas dan Efisiensi Pengelolaan Zakat Oleh BAZ dan LAZ Kota Madiun. KODIFIKASIA, Volume 4, Nomor 1. Al-Qur’an. Penerbit: Al Fath dan Beras.

Arens, Alvin. A, Elder R.J., Beasley M.S., Hogan, Chris E. 2016. “Auditing and Assurance Service”. An Integrated approach Sixteenth Edition. Prentice Hall International, Inc. Englewood Cliff. New Jersey, USA.

Daniela, Petrascu dan Attila, Tamas. 2013. Internal Audit versus Internal Control and Coaching. PROCEDIA – Economic and Finance.

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. 2016. Pajak Mengungkap Tabir Zakat di Indonesia. http://pajak.go.id/content/article/mengungkap-tabir-zakat-di-indonesia (diakses tanggal 28 Mei 2017)

Hamidi, Nurhasan dan Suwardi, Eko. 2013. Analisis Akuntabilitas Publik Organisasi Pengelola Zakat Berdasarkan Aspek Pengendalian Intern Dan Budaya Organisasi (Survei pada Organisasi Pengelola Zakat di Indonesia). EKBISI, Volume 8, Nomor 1.

Iskandar, Tatang. 2009. Analisis Efisiensi Kinerja Keuangan pada Lembaga Amil Zakat Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Yogyakarta (periode tahun 2004-2008). Skripsi. UIN Sunan Kalijaga

Kantor Staf Presiden. 2016. Potensi Zakat di Indonesia Sangat Besar. http://ksp.go.id/potensizakat- di-indonesia-sangat-besar/ (diakses tanggal 2 Juni 2017)

Khasanah, Umrotul. 2010. “Manajemen Zakat Modern – Instrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat”, Jilid 1, UIN-Maliki Press: Malang.

Mubarok, Abdulloh dan Fanani, Baihaqi. 2014. Penghimpunan Dana Zakat Nasional (Potensi, Realisasi, dan Peran Penting Organisasi Pengelola Zakat). PERMANA, Volume 5, Nomor 2.

Mubasirun. 2013. Distribusi Zakat dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. Inferensi, JurnalPenelitian Sosial Keagamaan, Volume 7, Nomor 2.

Nawawi, Ismail. 2010. “Zakat-Dalam Perspektif Fiqh, Sosial, dan Ekonomi”, Jilid 1, Putra Media Nusantara: Surabaya.
Published
2018-03-01