PERANCANGAN KEY PERFORMANCE INDICATOR DENGAN MENGGUNAKAN INTERNAL BUSINESS PROCESS PERSPECTIVE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PROSES PRODUKSI PT MUNTJUL DIAMOND SIDOARJO

  • Michelle Admadja Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 222 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 782 times
Keywords: key performance indicator, balanced scorecard, internal business process perspective

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait perancangan key performance indicator dalam internal business process perspective guna meningkatkan proses produksi di dalam badan usaha. Selain itu, mengetahui bagaimana pengaruh perancangan key performance indicator dengan menggunakan internal business process perspective terhadap pencapaian visi, misi, dan tujuan strategis dari sebuah badan usaha. Jenis penelitian yang digunakan adalah applied research dengan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini berisikan sebuah desain system yakni balanced scorecard guna memperbaiki dan meningkatkan kinerja dalam badan usaha. Hasil penelitian menggunakan key performance indicator balanced scorecard melalui internal business process  perspective ini menemukan beberapa kelemahan maupun keunggulan dari PT Muntjul Diamond ini. Dari kelemahan dan keunggulan yang ditemukan inilah, badan usaha dapat dengan mudah merancang, memperbaiki, bahkan mempertahankan badan usaha mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christina, Sudana, 2011, Penilaian Kinerja Pada PT. Adhi Karya Dengan Pendekatan Balance Scorecard, Skripsi, Bali : Universitas Udayana Bali.

Hansen, D. R., dan M. M. Mowen, 2006, Management Accounting (Buku 1), edisi ketujuh,Jakarta: Salemba Empat.

Kaplan, Robert S. and David P. Norton 1996. The Balanced Scorecard: Translating

Strategy Into Action. Boston, Massachucetts, Harvard Business School Press

___. 2000. The Strategy Focused Organization. Boston, Massachucetts, Harvard Business School Press.

___. 2004. Strategy Maps: Converting Intangible Assets into Tangible Outcomes. Boston, Massachucetss, Harvard Business School Press.

___. 2006. Alighnment – Using the Balanced Scorecard to Create Corporate Synergies. Boston, Massachucetts, Harvard Business School Press.

Mulyadi, 2001, Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan, Jakarta: Salemba Empat.

___. 2007. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard.Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Murhadi, Werner R. 2002. Balanced Scorecard Sebagai Performance Measurement. Surabaya : PT. Guna Widya
Published
2018-03-01