KAJIAN PENGETAHUAN APOTEKER TERKAIT FARMAKOTERAPI DAN KETERAMPILAN PEMBERIAN INFORMASI PENGGUNAAN INSULIN DI BEBERAPA APOTEK DI WILAYAH SURABAYA

  • Ni Nyoman Meha Putri Fakultas Farmasi Universitas Surabaya
Abstract Views: 721 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 2431 times
Keywords: Diabetes, Farmakoterapi Insulin, Penggunaan Insulin, Penyimpanan Insulin

Abstract

Diabetes adalah salah satu emergensi kesehatan dunia terbesar dari abad ke-21. Terapi insulin membutuhkan pengertian dan koordinasi dari penderita itu sendiri dan perawat atau orang yang bertanggung jawab untuk merawat penderita diabetes. Kesalahan terapi insulin cukup sering ditemukan dan menjadi masalah klinis yang penting. Jenis kesalahan tersebut antara lain disebabkan keterbatasan dalam hal keterampilan (skill-based), cara atau protokol (rulebased), dan pengetahuan (knowledge-based) dalam hal penggunaan insulin. Pengetahuan dari tenaga kesehatan untuk meminimalkan nyeri terkait penyuntikan insulin ternyata sangat rendah sedangkan nyeri yang disebabkan karena penyuntikan insulin memiliki relevansi yang besar sebagai faktor utama yang menyebabkan ketidakpatuhan terhadap insulin dan lebih lanjut dapat mempengaruhi kualitas hidup dari pasien.Karena semakin banyak masalah yang ditimbulkan terkait insulin maka dilakukan kajian di Indonesia terkait pengetahuan farmakoterapi insulin dan keterampilan pemberian informasi penggunaan insulin. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental (observasional) menggunakan metode survei dengan rancangan analisis deskriptif. Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian pada 30 Apoteker, menunjukkan bahwa 65% Apoteker memiliki pengetahuan terkait farmakoterapi insulin yang cukup baik, sedangkan 96,67% apoteker memiliki keterampilan yang baik dalam memberi informasi penggunaan insulin dan 70% Apoteker melakukan dengan benar terkait tempat penyimpan insulin sebelum digunakan serta 93,33% melakukan dengan benar tempat penyimpan insulin setelah digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Diabetes Association, 2016, Standards of Medical Care in Diabetes-2016. Diabetes Care, 39(Suppl. 1):S1–S2.


C L Weeraratne, W K de Abrew, R P Kuruppumullage, 2010, Journal of the Ceylon College of Physicians, 2010, 41, 67-71.

Clare – Salzler, M.J., Crawford, J.M., & Kumar, V., 2007. Pankreas. Dalam: Kumar, V., Cotran R.S., Robbins, S.L. Buku Ajar Patologi. Edisi 7. Jakarta: EGC, 718 – 724.

Ganong, W. F. 2003. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Ganong. Edisi 22, Jakarta:EGC.

Gennaro A, 2000, Remington The Science and Practice of Pharmacy twentieth ed Book, Philadelphia Collage of Pharmacy and Science.

Granner, D.K., 2003. Hormon yang Mengatur Metabolisme Kalsium. In: Murray, R.K., et al, eds. Biokimia Harper Edisi 25. Jakarta: EGC, 539. Funnel MM, Kruger DF. 2004. Type 2 Diabetes: Treat To Target. Nurse Pract.

Hicks R, Becker SC, Cousins DD. MEDMARXR Data Report: A Chartbook of Medication Error Findingsfrom the Perioperative Settings from 1998-2005. Rockville: USP Center for the Advancement of Patient Safety;2006.

IDF. 2015. IDF Diabetes Atlas Sixth Edition, International Diabetes Federation 2015.
Published
2018-03-01