PENGARUH E-SERVICESCAPE DAN WEBSITE QUALITY TERHADAP STICKINESS, LOYALTY, DAN WORD OF MOUTH (WOM) PADA PENGGUNA SITUS E-RETAIL LAZADA.CO.ID DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh E-Servicescape dan Website Quality terhadap Stickiness, Loyalty, dan Word of Mouth pada para pengguna situs e-retail Lazada.co.id di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling, dimana sampel berupa responden yang pernah berbelanja online minimal 2 kali dalam 1 tahun terakhir dan berpendidikan minimal S1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 170 orang yang terdiri dari 102 responden laki-laki dan 68 responden perempuan. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan software AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-servicescape memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Stickiness. Website Quality
memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Loyalty. Stickiness memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Loyalty. Stickiness memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Word of Mouth. Loyalty tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Word of Mouth pada para pengguna situs e-retail Lazada.co.id di Surabaya.
Downloads
References
Baraka, H. A., Baraka, H. A. and EL-Gamily, I. H. (2013). Assessing call centers’ success: A validation of the DeLone and Mclean model for information system, Egyptian Informatics Journal 14. 99–108.
Bloemer, Ruyter, and Wetzels (1998), "Customer Loyalty in a Service Setting", European Advances in Consumer Research Volume 3, eds. pp. 162-169.
Booms, B. & Bitner, M. (1981). Marketing strategies and organization structures for service firms, in Donnelly, J.H. and George, W.R. (Eds), Marketing of Services, American Marketing Association, Chicago, IL, 47-52
Cronin, J. and Taylor, S.A. (1992), Measuring service quality: a re-examination and extension, Journal of Marketing, Vol. 56, July, pp. 55-67.
Cozby, Paul C. and Bates. Scott C, (2011). Methods lin Behavioral Research (11thed.). Mc Grawhill. ISBN: 978-0-07-803515-9
Ferdinand, A., (2002). Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor, Edisi 2, Semarang: BP Undip.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.