PENGARUH E-SERVICESCAPE DAN WEBSITE QUALITY TERHADAP STICKINESS, LOYALTY, DAN WORD OF MOUTH (WOM) PADA PENGGUNA SITUS E-RETAIL LAZADA.CO.ID DI SURABAYA

  • Reynold Yong Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 300 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 560 times
Keywords: Loyalty, Website Quality, E-retailing, E-servicescapes, Stickiness

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh E-Servicescape dan Website Quality terhadap Stickiness, Loyalty, dan Word of Mouth pada para pengguna situs e-retail Lazada.co.id di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling, dimana sampel berupa responden yang pernah berbelanja online minimal 2 kali dalam 1 tahun terakhir dan berpendidikan minimal S1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 170 orang yang terdiri dari 102 responden laki-laki dan 68 responden perempuan. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dengan software AMOS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-servicescape memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Stickiness. Website Quality
memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Loyalty. Stickiness memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Loyalty. Stickiness memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Word of Mouth. Loyalty tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Word of Mouth pada para pengguna situs e-retail Lazada.co.id di Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbuckle, J.L., (1997). AMOS Version 3.6, Chicago, Illinois: Small Water Corporation.

Baraka, H. A., Baraka, H. A. and EL-Gamily, I. H. (2013). Assessing call centers’ success: A validation of the DeLone and Mclean model for information system, Egyptian Informatics Journal 14. 99–108.

Bloemer, Ruyter, and Wetzels (1998), "Customer Loyalty in a Service Setting", European Advances in Consumer Research Volume 3, eds. pp. 162-169.

Booms, B. & Bitner, M. (1981). Marketing strategies and organization structures for service firms, in Donnelly, J.H. and George, W.R. (Eds), Marketing of Services, American Marketing Association, Chicago, IL, 47-52

Cronin, J. and Taylor, S.A. (1992), Measuring service quality: a re-examination and extension, Journal of Marketing, Vol. 56, July, pp. 55-67.

Cozby, Paul C. and Bates. Scott C, (2011). Methods lin Behavioral Research (11thed.). Mc Grawhill. ISBN: 978-0-07-803515-9

Ferdinand, A., (2002). Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen: Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor, Edisi 2, Semarang: BP Undip.
Published
2018-03-01