IMPLEMENTASI PENGENDALIAN SEDIAAN PADA PRODUK PRINTER DI GALAXY COMPUTER MENGGUNAKAN METODE EOQ

  • Landy Hardiyanto Jurusan Manajemen Jejaring Bisnis Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 301 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 413 times
Keywords: Pengendalian, Metode Economic Order Quantity, Biaya Sediaan

Abstract

Berdasarkan pengamatan dapat diketahui bahwa masalah yang sedang dihadapi oleh Galaxy Computer adalah proses pembelian produk dan pengendalian sediaan produknya masih sering mengalami kesalahan dalam memperkirakan jumlah barang masuk dan barang keluar. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian sediaan barang
dagang di Galaxy Computer dengan menerapkan Metode Economic Order Quantity. Metode pengumpulan data penelitian ini, berupa wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan dan metode pengolahan data menggunakan metode EOQ, dan biaya sediaan. Hasil dari perhitungan EOQ untuk produk dagang perlengkapan komputer berupa printer menghasilkan jumlah pembelian yang optimal dan ekonomis. Selain itu, jumlah pembelian optimal dan juga frekuensi pemesanan, ada perhitungan lain yaitu penghitungan reorder point dan interval pemesanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminudin. 2008. Prinsip-prinsip Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Efrianti, Desi. 2014. Pengaruh Pengendalian Persediaan Just In Time Terhadap Efisiensi Pengadaan Persediaan Bahan Baku. Jurnal Akuntansi STIKES.

Herjanto, Eddy. 2007. Manajemen Operasi. Jakarta. Grasindo.

----------------. 2009. Manajemen Operasi dan Produksi . Jakarta: Grasindo.

Ma’arif, M. S. 2003. Manajemen Operasi, Edisi 1. Jakarta: PT. Grasindo.

Margaretha, Farah. 2005. Teori Dan Aplikasi Manajemen Keuangan Investasi dan Sumber Dana Jangka Pendek. Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rudianto. 2008. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Siagian. Yolanda M. 2005. Aplikasi Supply Chain Management: Dalam Dunia. Bisnis. Jakarta : Grasindo.

Sofyan, D. K., & Sayuti. 2012. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Model Perhitungan EOQ Berdasarkan Adanya Kebutuhan Tidak Tetap. Malikussaleh Industrial Engineering Journal, Vo.1, No.1, 36-43.

Susanti, L., Machfud, & Hasbullah, R., 2015, Pengendalian Persediaan Bahan Baku Base Material Pada Industri Keramik Di PT. XYZ, Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Vol. 1 No. 2, 108-117.

Tuerah, Michel C. 2014. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan BAKU Ikan Tuna Pada CV. Golden KK. Jurnal Emba. Vol. 2, No. 4 Desember 2014.

Wahyudi, Rudy. 2015. Analisis Pengendalian Persediaan Barang Berdasarkan Metode EOQ di Toko Era Baru Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2015, 2 (1): 162-173.
Published
2018-03-01