RANCANGAN 5S PADA GUDANG TOKO MURAH TOLI-TOLI

  • Reynardi Tenderan Jurusan Manajemen Jejaring Bisnis Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 199 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 770 times
Keywords: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke

Abstract

Toko Murah merupakan badan usaha yang bergerak di bidang retail yang menjual kebutuhan sehari-hari.Dalam mengelola gudang Toko Murah belum melakukan program penataan dengan tepat yang mengakibatkan kendala seperti lamannya mengambil barang di gudang karena penataan yang berantakan dan tercampur.Selain itu sering ditemukan barang dengan jenis varian lain berserakan ditempat yang tidak semestinya.Kebersihan yang kurang diperhatikan pada gudang Toko Murah menjadikan gudang terlihat berdebu dan kotor. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah pada gudang Toko Murah Toli-Toli dengan merancang program 5S ( Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Rancangan ini bersifat kualitatif dengan metode 5S tahap Seiri (Pemilahan) dirancang dengan memilah barang sesuai kategorinya. Tahap Seiton (Penataan) dirancang dengan cara menentukan dimana barang akan disimpan dan bagaimana barang disimpan. Tahap Seiso(Pembersihan) dilakukan dengan cara penjadwalan pembersihan kepada karyawan. Tahap Seiketsu (Pemantapan) dirancang dengan poster, label, plat, dan tanda kebersihan. Tahap Shitsuke (Pembiasaan) dengan cara memperbaiki komunikasi dengan karyawan. Rancangan yang dibuat diharapkan dapat mengurangi dan  mengatasi masalah yang ada pada gudang Toko Murah seperti penataan barang yang berantakan dan tidak sesuai sesuai penyusunannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jimenez, M., Luis, R., Manuel, D., Maria, D.M.E., 2015, 5S Methology Implementation In The Laboratories Of An Industrial Engineering University School, Safety Science, Vol 78: 163-172.

Malik, Q.A., 2014, Implementation Plan Of 5S Meethodology In The Basic Surgical Instruments Manufacturing Industry Of Sialkot, International Journal Of Scientific & Technology Research, Vol 3:9.

Osada, Takashi., (2004), SikapKerja 5S, Cet. 5, PPM, Jakarta.

Randhawa, J.S., and Inderpreet, S.A., 2017, 5S – A Quality Improvement Tool For Sustainable Preformance: Literature Review And Directions, International Journal Of Quality & Reliability Management, Vol 34: 334-361.

http://regionalinvestment.bkpm.go.id/front/dpdrb/7206 diakses pada 10 Oktober 2016

http://sulteng.bps.go.id/endback/brs_ind/brsInd-20150304181937.pdf diakses pada 10 Oktober 2016

http://sulteng.bps.go.id/frontend/linkTabelStatis/view/id/556 diakses pada 5 November 2016
Published
2018-03-01