ANALISIS STRUKTUR INDUSTRI DAN PERENCANAAN STRATEGI BISNIS PT. HERMAN JAYA PUTRA

  • Gardhanu Kinasih Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Benny Lianto Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Rosita Meitha Surjani Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 1205 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 3468 times
Keywords: strategi bersaing, strategi bisnis, STPD, marketing mix

Abstract

Semakin tingginya pertumbuhan industri pada bidang refractory & insulation material membuat PT.Herman Jaya Putra harus memiliki strategi bisnis yang tepat untuk tetap mempertahankan daya jual dan kualitas produknya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah analisis struktur industri (Five-forces Model Porter) dan menentukan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal. Pada tahap input berisikan matriks IFE, EFE, dan CPM. Pada matriks IFE didapatkan hasil 2,53. Sedangkan untuk matriks EFE didapatkan hasil 2,68. Untuk matriks CPM didapatkan hasil 3,06. Tahap pencocokan yang berisikan matriks IE, matriks GSM, dan matriks SWOT. Matriks IE dijelaskan bahwa PT.Herman Jaya Putra berada pada bagian V yang berarti perusahaan pada posisi tumbuh dan membangun. Pada matriks GSM didapatkan perusahaan berada pada kuadran I, hal ini didasari perusahaan memiliki pasar yang luas, memiliki produk yang berkualitas, bermutu dan bergaransi. Pada matriks SWOT akan didapatkan alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan, kemudian mengelompokkan berdasarkan tipe-tipe strategi yang ada. Tahap keputusan berisikan matriks QSPM dengan total nilai daya tarik tertinggi 6,03 adalah strategi penetrasi pasar. Tipe strategi ini dapat diperkuat dengan menerapkan STPD dan bauran pemasaran yang meliputi 4P.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David, Fred R. (2006). Strategic Management: Manajemen Strategis, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (1996). Dasar-Dasar Pemasaran Edisi ke 6. (Jilid:1). Jakarta: Intermedia.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (1996). Dasar-Dasar Pemasaran Edisi ke 6. (Jilid:2). Jakarta: Intermedia.

Pearce, John A. & Robinson, Richard B. Alih bahasa oleh Maulana, Agus (1997). Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Binarupa Aksara.

Porter, Michael E. Alih bahasa oleh Maulana, Agus (1996). Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Freddy. (2013). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2017-09-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>