PERANCANGAN STRATEGI BISNIS DI PT. CORONET CROWN

  • Vera Teresa Lukito Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Benny Lianto Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Rosita Meitha Surjani Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 1136 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 740 times
Keywords: strategi bisnis, STV triangle

Abstract

Pertumbuhan dan pekembangan yang terjadi pada dunia usaha di Indonesia menyebabkan persaingan yang terjadi di antara perusahaan semakin ketat. PT. Coronet Crown harus memiliki strategi bisnis yang tepat agar dapat mempertahankan bahkan meningkatkan penjualan produk. Pertama dilakukan analisis kompetitif untuk mengetahui struktur industri dan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal perusahaan. Tahap input pada strategi bisnis meliputi EFEM, IFEM, dan CPM. Total nilai tertimbang pada EFEM adalah 2,075, sedangkan pada IFEM adalah 2,881. CPM didapatkan total nilai PT. Coronet Crown adalah 2,51. Tahap pencocokan menggunakan GSM, matriks SWOT, dan matriks IE. GSM tergolong kuadran I dimana pertumbuhan pasar cepat dan posisi pesaing yang kuat. Matriks IE didapatkan perusahaan berada pada bagian V yaitu pertahankan dan pelihara. Tahap keputusan menggunakan QSPM dan didapatkan total nilai daya tarik paling tinggi adalah strategi pengembangan produk dengan nilai 6,082. Strategi usulan tersebut diimplementasikan kepada salah satu produk yaitu bedak Herocyn. Strategi pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kuadran dan STV triangle. Melalui analisis kuadran, didapatkan variabel yang harus ditingkatkan oleh perusahaan karena pembeli merasa kurang puas dengan produk tersebut. STV triangle berisi mengenai strategy, tactic, dan value.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

David, Fred R. (1997). Concept of Strategic Management (Sixth Edition). New Jersey: A Simon & Schuster Company.

David, Fred R. (2006). Strategic Management: Manajemen Strategis konsep edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol (Edisi Bahasa Indonesia), Jilid 1. Surakarta: PT. Pelabelan Surakarta.

Kotler, Philip. (1998). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol (Edisi Bahasa Indonesia), Jilid 2. Surakarta: PT. Pelabelan Surakarta.

Rangkuti, Freddy. (2000). Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Published
2013-03-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>