PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA SEKTOR NON KEUANGAN DAN NON BUMN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2010, 2011, DAN 2012
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat manakah diantara profitabilitas, likuditas, solvabilitas, ukuran perusahaan, dan jenis industri yang memiliki pengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Sebab hal tersebut dapat menunjukkan apakah perusahaan beroperasi tidak hanya berfokus untuk mendapatkan keuntungan serta menarik investor maupun kreditor untuk menanamkan modalnya, tetapi juga berfokus pada kepentingan stakeholder lainnya, seperti masyarakat, lingkungan, dll. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan gambaran bagaimana pengungkapan CSR perusahaan di Indonesia baik per sektor maupun per tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode causal study karena tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan CSR. Sampel yang digunakan yaitu sektor industri non keuangan dan non BUMN tahun 2010, 2011, dan 2012. Sedangkan, teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 357 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA, CRT, dan DTA tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR. Besar kecilnya rasio-rasio tersebut tidak mempengaruhi pengungkapan CSR sektor industri di Indonesia. Sedangkan, SIZE dan Jenis Industri menunjukkan hubungan positif signifikan terhadap pengungkapan CSR. Hal tersebut menunjukkan semakin besar ukuran perusahaan, maka semakin luas informasi tentang CSR. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki pengungkapan CSR yang berbeda-beda baik antar sektor maupun antar tahun pengungkapan CSR.
This study aims to see which of profitability, liquidity, solvency, company size, and type of industry that have an influence on the disclosure of corporate social responsibility (CSR). Because it can indicate whether the company operates not only focus to generate value and attract investors and creditors to invest, but also focuses on the interests of other stakeholders, such as community, environment, etc. In addition, this study also illustrates how the disclosure of CSR companies in Indonesia, both per sector and per year. This study uses a quantitative approach to the study of the causal method for the purpose of this study was to examine the effect of firm characteristics on the disclosure of CSR. The sample that used is non-financial sector and non- state-owned companies in 2010, 2011, and 2012. Meanwhile, the sampling technique using stratified random sampling with a sample size of 357 companies. The results showed that ROA, CRT, and DTA no significant effect on CSR disclosure. These ratios does not affect CSR disclosure industrial sector in Indonesia. Meanwhile, SIZE and industry type showed a significant positive relation to the disclosure of CSR. This shows the greater size of the company, more extensive information about CSR. The test results also showed that companies in Indonesia have CSR disclosures vary both between sectors and between years of CSR disclosure.
Downloads
References
Agung, I Gusti Ngurah. 2009. Time Series Data Analysis Using Eviews. Singapore: John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.
Ariningtika, Pradesta dan Endang Kiswara. 2013. Pengaruh Praktik Tata Kelola Perusahaan yang Baik Terhadap Pengungkapan Lingkungan Perusahaan Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011. Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 2 No. 2.
Badjuri, Achmad. Faktor-faktor Fundamental, Mekanisme Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur dan Sumber Daya Alam di Indonesia. 2011. Dinamika Keuangan dan Perbankan. Vol. 3, No. 1, hal. 38-54.
Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2006. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.
Chek, Ibrahim Tamby, Zam Zuriyati Bt Mohammad, Jamal Nordin Yunus, dan Norlia Mat Norwani. 2013. Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure in Consumer Products and Plantation Industry in Malaysia. American International Journal of Contemporary Research. Vol. 3 No. 5.
Corporate Social Responsibility PT Indosat Tbk (www.m.indosat.com, diakses tanggal 29 September 2013)
Gitman, Lawrence J. 2009. Principles of Managerial Finance, 12th edition, Addison Wesley, Massachusetts.
Gray, R., R. Kouhy, and S.Lavers. 1995. Corporate Social and Environmental Reporting: A Review of The Literature and A Longitudinal Study of UK Disclosure. Accounting, Auditing, and Accountability Journal. Vol. 8, No. 2, pp. 47-77.
Gujarati, Damodar N. 2003. Basic Econometrics 4th edition. New York: Mc.Graw-Hill.
Husnan, S. 2007. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Yogyakarta: BPFE.
Jalal, Lingkar Studi CSR. Mengukur Hasil Ber-CSR (www.csrindonesia.com, diakses tanggal 27 September 2013)
Kamil, Ahmad dan Antonius Herusetya. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Media Riset Akuntansi. Vol. 2 No. 1.
Kartika, Andi. 2010. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Dinamika Keuangan dan Perbankan. Vol. 2, No. 1, hal. 62-82.
Kartini, Dwi. 2009. Corporate Social Responsibility Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama
Kieso, Donal E., Weygandt, Jerry J., dan Warfield, Terry D. 2011. Intermediate Accounting Volume 2 IFRS Edition. New York: John Wiley & Sons Inc
Leventis, Stergios dan Weetman Pauline. 2004. Voluntary Disclosures In An Emerging Capital Market Some: Some Evidence From The Athens Stock Exchange. Advances In International Accounting. Vol. 17 pp. 227-250.
PP Republik Indonesia No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.