GO WITH THE FLOW : DUKUNGAN SOSIAL DAN FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan indikator untuk mengevaluasi, memberikan gambaran dan memberikan dorongan kepada mahasiswa ketika berproses selama studi dengan melihat hasil hubungan antara dukungan sosial teman dan flow akademik, yang ditinjau menggunakan TMT (Temporal Motivation Theory). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2009 dan 2010 (N= 131) yang sedang mengambil mata kuliah PAU. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan (+) antara dukungan sosial dan flow akademik (r= .254; p= .02 ). Aspek enjoyment dari flow akademik memiliki korelasi yang memadai dengan dukungan sosial teman. Artinya, seorang mahasiswa yang mendapat dukungan sosial maka dia akan merasa nyaman, namun belum tentu mahasiswa tersebut dapat berkonsentrasi dan muncul motivasi intrinsik untuk mengikuti ataupun mengerjakan tugas dan kegiatan akademiknya. Hasil korelasi dengan TMT didapati bahwa dukungan sosial teman dan tiap aspek flow akademik berkorelasi secara positif dengan aspek expectancy. TMT dapat dijadikan teori yang dapat menjelaskan munculnya kondisi flow akademik karena adanya dukungan sosial teman melalui aspek expectancy.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.