PERANCANGAN LEAN WAREHOUSING PADA PT. WANGSA MANUNGGAL JAYA PERKASA

  • Alex Caesar Verrico Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 369 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1457 times
Keywords: Lean warehouse, Fishbone diagram, Value Stream Mapping, 7 Waste Analysis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pembenahan terhadap seluruh aktivitas gudang pada PT. Wangsa Manunggal Jaya Perkasa, dengan melakukan analisis dan minimalisasi pemborosan (Waste) yang ada pada perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan wawancara kepada responden yaitu pihak manajer perusahaan, sertadata sekunder dengan melakukan observasi secara langsung untuk mengetahui kondisi nyata ketiga gudang yang akan  diteliti.   Langkah pertama adalah memetakan aliran material dan informasi dengan menggunakan current state value stream mapping, kemudian melakukan identifikasi penyebab pemborosan dengan menggunakan 7 Waste analysis. Selanjutnya dicari akar penyebab masalah dengan menggunakan fishbone diagram. Usulan perbaikan untuk minimalisasi waktu proses layanan gudang, yaitu menggunakan konsep lean setelah itu dibuat future state value stream mapping. terjadi penurunan total waktu proses sebesar 17,79% (36,58 menit) pada gudang bahan baku, 8,25%(6,29 menit) pada gudang WIP, dan 15,35%(41,5 menit) pada gudang bahan pembantu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Garcia, F.C., 2004, Applying Lean Concept in a Warehouse Operation.Issue:pp.2819-2859

Niebel, B. W., 1988, Motion and Time Study. Irwin, Honewood, Illinois.

Ohno, Taiichi., 1988,Toyota Production System: Beyond Large-Scale Production,Productivity Press

Shook, J., Rother, M., 1999, Learning to See;Value Stream Mapping to Create Value and Eliminating Muda. Brooklyn,MA: The Lean Enterprise Instittute

Tapping, Don., 2003, Value Stream Mapping fot The Lean Office ;5 Steps to mapping and sustaining in administrative area.

Womack, J.P.,& Jones, D.T., 2003, Lean Thinking:Banish Waste and Create Wealth in your Corporation. Free Press ;New York.
Published
2018-03-01