PENGARUH CITY PERSONALITY DAN CITY IMAGE TERHADAP REVISIT INTENTION WISATAWAN MANCANEGARA KE KOTA YOGYAKARTA

  • Verencia Novella Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 125 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 186 times
Keywords: city personality, city image, revisi tintention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh city image dan city personality terhadap revisi tintention wisatawan mancanegara ke kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada wisatawan mancanegara yang pernah mengunjungi kota Yogyakarta dalam kurun waktu minimal 6 bulan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program Amos 16.0 teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan tipe accidental sampling. Data diperoleh langsung secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik populasi yang telah ditentukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 152 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya pengaruh antara city personality terhadap city image yang dapat dilihat dari setiap dimensi city personality yaitu excitement, sincerity, dan sophistication tidak memiliki pengaruh terhadap setiap dimensi city image yaitu dynamic, specific dan stable. Kemudian, tidak adanya pengaruh antara city image terhadap revisi tintention wisatawan mancanegara ke kota Yogyakarta yang dapat dilihat dari setiap dimensi city image yaitu dynamic, specific dan stable terhadap revisi tintention.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blain,C.,Levy,S.E.dan Brent Ritchie,J.R.2005, Destination Branding Insights and Practices From Destination Management Organitation, Journal of Travel Research, 43, 328-338.

Hong-Bumm Kim dan Sanggun Lee. 2015, Impact sofCity Personality and Image on Revisi tIntention, International Journal of Tourism Cities, Vol.1,50-69.

Hosany, S.,Ekinci,Y. and Uysal,M. 2007, Destination image and destination personality, Tourism and Hospitality Research,Vol.1No.1,pp.62-81.

Fauzi, Ahmad,1997,Psikologi Umum, CV.Pustaka Setia, Bandung.
Published
2018-03-01