ANALISIS FILOSOFIS PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK DALAM KONTEKS ETNIS TIONGHOA INDONESIA STUDI KASUS PADA TOKO “X” DI SURABAYA

  • Carolin Nely Megawati Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 172 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 141 times
Keywords: Penetapan harga, filosofi Tionghoa, sepeda, dagang

Abstract

Di Indonesia, keberadaan etnis Tionghoa adalah sebagai kaum minoritas namun mayoritas dari perekonomian dikuasai oleh etnis Tionghoa. Kunci keberhasilan dari etnis Tionghoa dalam menguasai perekonomian tidak lain adalah ajaran Konfusianisme yang diterapkan dalam kegiatan operasioanal perusahaannya. Salah satunya dalam hal penetapan harga jual produk yang perlu mempertimbangkan banyak hal karena harga merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan nilai. Selain Konfusianisme untuk penetapan harga, Konfusianisme dilakukan untuk tujuan menjaga hubungan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah basic research, karena penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan teori mengenai bagaimanakah filosofi penetapan harga jual produk pada perusahaan etnis Tionghoa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena penelitian ini menggunakan pendekatan alternatif untuk mendapatkan gambaran dan penjelasan secara mendetail terkait permasalahan penelitian. Perusahaan etnis Tionghoa umumnya menempatkan keluarga di posisi yang rawan kejahatan, hal ini sesuai dengan salah satu prinsip yang ada dalam etnis Tionghoa yaitu kepercayaan. Memiliki sistem internal yang tidak tertulis secara formal karena pemilik menganggap hal tersebut dapat dijadikan alasan untuk membatasi tanggungjawab. Jika para karyawan melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan moral baik, maka pemilik dapat segera memberhentikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adolphus, Margaret. 2006. The Challenges of the Chinese Business Environment. Journal of Technology Management in China, Vol. 1 Iss:2, pp.-

Badan Pusat Statistik. 2010. Presentase Etnis Tionghoa 2010. (diakses dari http.//www.bps.go.id pada 23 September 2014 Pukul 20.07 WIB)

Carlson, Jay, P., Bearder, William, O., dan Hardesty, David, M., 2007, Influence on What Consumers Know and They Think They Know Regarding Marketer Pricing Tactics, Physychology & Marketing Journal, Vol. 24: 117-142.

Efferin, Sujoko; Trevor Hopper. 2007. Management Control, Culture and Ethnicity in a Chinese Indonesia Company, Accounting, Organizations and Society 32, 223-262.

Efferin, Sujoko; dan W. Pontjoharyo. 2006. Chinese Indonesian Business in the Era of Globalization : Ethinicity, Culture and the Rise of Chinas In Southeast Asia’s Chinese Business in Era of Globalization: Coping with the Rise of China. L. Suryadinata (Ed). Singapore : ISEAS, 102-161.

Frans M. Royan. 2007. Smart Launching New Product. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

George T. Haley, Usha C.V. Haley, Chin Tiong Tan. 2008. The Chinese Tao of Business. Rahasia Kesuksesan dan Keunggulan Strategi Bisnis Pengusaha Cina. Jakarta: Hikmah Anggota IKAPI

J.Winardi. 2008. Entrepreneur dan Entrepreneurship. Jakarta: PT Raja Grafindo

Kotler, P., dan Keller, K. Lane, 2009, Manajemen Pemasaran, edisi 13, Jakarta: Erlangga

Leo Paul Dana. 2001. The Education and Training of Entrepreneurs in Asia, Vol. 43 No. 8.

Mike Johnson. 2001. Managing in the Next Millenium. Peluang dan Tantangan Manajemen dalam Milenium Ketiga. Jakarta: Erlangga

Nigel F. Piercy, David W. Cravens and Nikala Lane. 2010. Thinking Strategically About Pricing Decisions, Journal of Business Strategy Vol. 31 No. 5.

Peter J. McGoldrick, Erica J. Betts, dan Kathy A. Keeling. 2005. High-low Pricing: Audit Evidence and Consumer Preferences, Jurnal of Product and Brand Management Vol. 9 No. 5.

Peter, Verhezen. 2003. From a Culture of Gift Exchange to a Culture of Exchanging Gifts, Jurnal Antropologi, University of Indonesia-Jakarta.

Thomas W. Zimmerer, Noman M. Scarborough, dan Doug Wilson. 2008. Essential of Entrepreneurship and Small Business Management. 5th Edition. Pearson Education, Inc., New Jersey
Published
2015-09-01