UJI MODEL KESEIMBANGAN TEORI KEAGENAN: PENGARUH KEBIJAKAN UTANG DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP KEPEMILIKAN MANAJERIAL

  • Shiela Liviani Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 336 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 352 times
Keywords: Model Keseimbangan Teori Keagenan, Kepemilikan Manajerial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji model keseimbangan teori keagenan pada pengaruh kebijakan utang dan kebijakan dividen terhadap kepemilikan manajerial dalam perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Struktur kepemilikan dalam perusahaan-perusahaan di Indonesia cenderung terkonsentrasi. Kondisi ini berbeda dengan penelitian terdahulu yang banyak dilakukan di negara yang struktur kepemilikannya cenderung tersebar. Model keseimbangan menyatakan bahwa terdapat trade-off  antar suatu mekanisme pengawasan dan pengendalian dengan mekanisme lainnya, yaitu pengaruh kebijakan utang terhadap kepemilikan manajerial dan kebijakan dividen terhadap kepemilikan manajerial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan fixed effect logistic regression model untuk menganalisis data. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1.060 observasi dari 106 perusahaan sektor manufaktur di Indonesia selama periode 2004-2014. Penelitian ini menemukan bahwa kebijakan utang berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat kepemilikan manajerial, seperti yang diprediksi oleh model keseimbangan teori keagenan. Penelitian ini juga menemukan bahwa kebijakan dividen memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat kepemilikan manajerial, yang mana menolak model keseimbangan teori keagenan dalam pengaruh kebijakan dividen terhadap kepemilikan manajerial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agrawal, Anup dan Charles R. Knoeber, 1996, Firm Performance and Mechanisms to Control Agency Problems between Managers and Shareholders, Journal of Financial and Quantitative Analysis, Vol. 31: 377-397

Almilia, Luciana S. dan Meliza Silvy, 2006, Analisis Kebijakan Dividen dan Kebijakan Leverage terhadap Prediksi Kepemilikan Manajerial dengan Tehnik Analisis Multinomial Logit, Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol. 6: 1-19.

Arifin, Zaenal, 2003, Efektifitas Mekanisme Bonding Dividen dan Hutang untuk Mengurangi Masalah Agensi pada Perusahaan di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Siasat Bisnis 8, Vol. 1: 19-31.

Baker, H. Kent, 2009, Dividend and Dividend Policy, New Jersey: John Wiley & Sons.

Borokhovich, K.A., K.R. Brunarski, Y. Harman, dan J.B. Kehr, 2005, Dividends, Corporate Monitors and Agency Costs, The Financial Review 40: 37-65.

Brealey, Richard A., S.C. Myers, dan S. Myers, 2003, Capital Investment and Valuation, McGraw-Hill.

Brigham, Eugene F. dan J.F. Houston, 2009, Fundamentals of Financial Management, 12th edition, South-Western Cengage Learning.

Chen, Carl R. dan T.L. Steiner, 1999, Managerial Ownership and Agency Conflicts: A Nonlinear Simultaneous Equation Analysis of Managerial Ownership, Risk Taking, Debt Policy, and Dividend Policy, The Financial Review 34: 119-136.

Claessens, Stijn, S. Djankov, dan L.H.P. Lang, 2000, The Separation of Ownership and Control in East Asian Corporations, Journal of Financial Economics 58: 81-112.

rutchley, Claire E. dan R.S. Hansen, 1989, A Test of the Agency Theory of Managerial Ownership, Corporate Leverage, and Corporate Dividends, Financial Management, p.36-46.
Published
2015-09-01