PENGARUH PRODUK KPOP TERHADAP PERUBAHAN IMAGE DAN TRAVEL INTENTION MASYARAKAT INDONESIA PADA KOREA SELATAN SEBAGAI DESTINASI WISATA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Produk Kpop Terhadap Persepsi Masyarakat Indonesia Pada Korea Selatan Sebagai Destinasi Wisata. Produk Kpop meliputi drama/film, musik, dan makanan yang berasal dari Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi berganda untuk menguji pengaruh antar variabel. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dimana kuesioner disebarkan secara online sehingga siapa saja yang membuka link tersebut dapat mengisi kuesioner yang tersedia. Jumlah data yang diolah untuk melakukan penelitian ini sebanyak 102 data. Selain itu uji beda juga dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F (ANOVA) untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang ditimbulkan berdasarkan jenis kelamin, usia, status pernikahan, tingkat pendidikan, dan penghasilan per bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya produk Kpop di Indonesia berpengaruh signifikan positif terhadap minat masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke Korea Selatan serta perubahan image Korea Selatan setelah konsumen menikmati produk berupa drama/film, musik, dan makanan Korea.
Downloads
References
Algifari. 1997. Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Solusi, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Bozbay, Zehra. & Ozen, Hilal. 2008, The Assesment of Greece’s Image as a Tourism Destination, Thesis, Istanbul University.
Evan, Joel R. & Berman Barry. 1995. Principles of Marketing, Third edition. New Jersey: Prentice-Hall International, INC.
Goeldner, Charles R. & Ritchie, J. R. Brent. 2006. Tourism: Priciples, Practices, Philosophies, Tenth Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, INC.
Goodrich J. 1978. A new approach to imabge analysis through multidimensional scaling. Journal of Travel Research 16: 3-7.
Hair, Joseph F., Black, William C., Babin, Barry J., Anderson, Rolph E. Tatham, Ronald L. 2006. Multivariate Data Analysis, Sixth Edition. New Jersey: Pearson International Edition.
Hudson S. dan Ritchie, J.R.B., 2006. Film Tourism and Destination Marketing : The Case of Captain Corelli’s Mandolin, Journal of Vacation Marketing, 12 (3), 256-268.
Hunt J. 1975. Image as a factor in tourism development. Journal of Travel Research 13(3): 1–17.
Kim, S.S., Agrusa, J., Chon, Kaye., Cho, Youngshin., 2008, The Effect of Korean Pop Culture on Hong Kong Residents’ Perceptions of Korea as a Potential Tourist Destination, Journal of Travel & Tourism Marketing, Vol. 24 (2 3).
Kotler, P & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi Ketigs Belas Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Milman A, Pizam A. 1995. The role of awareness and familiarity with a destination. Journal of Travel Research 33(3): 21–28.
essitore, T., M. Pandelaere, dan A.V. Kerckhove, 2013, The Amazing Race: Prominence in Reality Television affects Destination Image and Travel Intentions, Journal Tourism Management, Vol. 42: 1-12.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.