PENGARUH PRODUK KPOP TERHADAP PERUBAHAN IMAGE DAN TRAVEL INTENTION MASYARAKAT INDONESIA PADA KOREA SELATAN SEBAGAI DESTINASI WISATA

  • Happy Lia Sanjaya Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 677 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 887 times
Keywords: Kpop, destinasi wisata, travel intention, destination image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Produk Kpop Terhadap Persepsi Masyarakat Indonesia Pada Korea Selatan Sebagai Destinasi Wisata. Produk Kpop meliputi drama/film, musik, dan makanan yang berasal dari Korea Selatan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi berganda untuk menguji pengaruh antar variabel. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dimana kuesioner disebarkan secara online sehingga siapa saja yang membuka link tersebut dapat mengisi kuesioner yang tersedia. Jumlah data yang diolah untuk melakukan penelitian ini sebanyak 102 data. Selain itu uji beda juga dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F (ANOVA) untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang ditimbulkan berdasarkan jenis kelamin, usia, status pernikahan, tingkat pendidikan, dan penghasilan per bulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya produk Kpop di Indonesia berpengaruh signifikan positif terhadap minat masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke Korea Selatan serta perubahan image Korea Selatan setelah konsumen menikmati produk berupa drama/film, musik, dan makanan Korea.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeboye, 2012, The Impact of Entertainment on Tourism. Case Study : Agency Remarc in Greece, Thesis, Central Ostrobothinia University of Applied Sciences.

Algifari. 1997. Analisis Regresi Teori, Kasus, dan Solusi, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Bozbay, Zehra. & Ozen, Hilal. 2008, The Assesment of Greece’s Image as a Tourism Destination, Thesis, Istanbul University.

Evan, Joel R. & Berman Barry. 1995. Principles of Marketing, Third edition. New Jersey: Prentice-Hall International, INC.

Goeldner, Charles R. & Ritchie, J. R. Brent. 2006. Tourism: Priciples, Practices, Philosophies, Tenth Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, INC.

Goodrich J. 1978. A new approach to imabge analysis through multidimensional scaling. Journal of Travel Research 16: 3-7.

Hair, Joseph F., Black, William C., Babin, Barry J., Anderson, Rolph E. Tatham, Ronald L. 2006. Multivariate Data Analysis, Sixth Edition. New Jersey: Pearson International Edition.

Hudson S. dan Ritchie, J.R.B., 2006. Film Tourism and Destination Marketing : The Case of Captain Corelli’s Mandolin, Journal of Vacation Marketing, 12 (3), 256-268.

Hunt J. 1975. Image as a factor in tourism development. Journal of Travel Research 13(3): 1–17.

Kim, S.S., Agrusa, J., Chon, Kaye., Cho, Youngshin., 2008, The Effect of Korean Pop Culture on Hong Kong Residents’ Perceptions of Korea as a Potential Tourist Destination, Journal of Travel & Tourism Marketing, Vol. 24 (2 3).

Kotler, P & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi Ketigs Belas Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Milman A, Pizam A. 1995. The role of awareness and familiarity with a destination. Journal of Travel Research 33(3): 21–28.

essitore, T., M. Pandelaere, dan A.V. Kerckhove, 2013, The Amazing Race: Prominence in Reality Television affects Destination Image and Travel Intentions, Journal Tourism Management, Vol. 42: 1-12.
Published
2015-09-01