PENGARUH NETWORK EXTERNALITIES, INDIVIDUAL GRATIFICATION, DAN TIME FLEXIBILITY TERHADAP INTENTION TO PLAY MOBILE SOCIAL GAME DI SURABAYA
Abstract
Pada dekade terakhir dunia game sosial ponsel tumbuh untuk kegiatan waktu luang dan sebuah hiburan. Hal ini telah memberikan suatu ketertarikan bagi developer game untuk mengembangkan dari desain mobile social game. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari jejaring eksternalitas, gratifikasi individu, fleksibilitas waktu terhadap minat untuk bermain game sosia ponsel di Surabaya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software AMOS versi 18.0. Survai yang dilakukan menggunakan teknik pengambilan non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian sebesar 150. Penyebaran sampel dilakukan dengan membagikan secara langsung kuesioner kepada beberapa individu yang sesuai karakteristik dan tujuan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh jejaring eksternal terhadap gratifikasi individu, gratifikasi individu terhadap minat untuk bermain, fleksibilitas waktu terhadap minat untuk bermain. Dan pengaruh jejaring eksternal terhadap minat untuk bermain, Gratifikasi individu terhadap minat untuk bermain permainan sosial ponsel, dinyatakan tidak terdukung.
Downloads
References
Cozby, P.C. and Bates, S.C., 2010, Methods in Behavioral Research, 11th edition, McGraw-Hill.
Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. dan Anderson, R.E, 2010, Multivariate Data Analysis, Seventh Edition, Prentice Hall Inc, New Jersey.
Suki, N. M., 2013, Student Demand For Smartphones, Campus-Wide Information Systems. Vol. 30 No. 4: 236-248.
Sekaran, U. dan Bougie, R., 2009, Research Methods for Business A Skill Building Approach. Wiley, United Kingdom.
Wei, P. & Lu, H., 2014, Why do people play mobile social games? An examination of network externalities and of uses and gratification, Internet Research, Vol. 24:313-331.
Wijanto, S.H., 2008, Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8, Yogyakarta: Graha Ilmu
Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C. & Griffin, Mitch, 2009, Business Research Methods Eighth Edition, Boston:Cengage Learning.
http://www.rappler.com/world/regions/asia-pacific/indonesia/76270-indonesian-mobileinternet-user-baidu, diakses pada 14 september 2014
http://www.the-marketeers.com/archives/penetrasi-ponsel-cerdas-di-indonesia-naik-dua-kali-lipat.html, diakses pada 14 September 2014
http://merdekasempurna.blogspot.com/2014/02/perkembangan-dan-prospek-games-di.html, diakses pada tanggal 15 September 2014
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.