STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN SERVICESCAPE PADA RESTORAN CRAB N CHEF SEAFOOD RESTAURANT MENURUT PERSEPSI KONSUMEN
Abstract
Servicescape merupakan lingkungan buatan (built environment). Servicescape dapat dibagi pada tiga dimensi utama, yaitu: kondisi sekitar (ambient condition), tata ruang dan fungsional (spatial layout and functionally) serta tanda-tanda, simbol dan artefak (signs, symbols and artefacts). Salah satu perusahaan dalam bidang kuliner yang mengaplikasikan servicescape pada bisnisnya adalah Crab N Chef Seafood Restaurant, yaitu restoran berkonsep “Kapal Laut” yang menyediakan berbagai jenis menu seafood. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap servicescape di Crab N Chef Seafood Restaurant. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada perusahaan untuk mengetahui lebih lanjut gambaran persepsi konsumen terhadap servicescape di Crab N Chef Seafood Restaurant. sampel yang akan digunakan adalah sebanyak 100 orang responden. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tanggapan responden terhadap Servicescape dari Crab N Chef Seafood Restaurant berada pada kategori “Baik”. Dari ketiga dimensi yang menjelaskan Servicescape dari Crab N Chef Seafood Restaurant, dimensi Spatial Layout and Functionality merupakan dimensi yang paling berkontribusi dalam membentuk Servicescape dari Crab N Chef Seafood Restaurant karena memiliki nilai mean paling tinggi dari kedua dimensi Servicescape lainnya yang dari Crab N Chef Seafood Restaurant, yaitu sebesar 3,62.
Downloads
References
Candrawati, R. Dwi., 2013, Studi Deskriptif Penerapan Servicescape pada Dream of Kahyangan Art Resto. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2 No.1 (1-14).
Malhotra, N.K., 2002, Marketing Research: An Applied Orientation (Fourth Edition), New Jersey: Prentice Hall.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.
Zeithaml, A. Valerie., & Bitner, J. Mary., 1996, Service Marketing (International Edition), Singapore: McGraw-Hill.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.