PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS MAKANAN PADA KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN RESTORAN KOREA ‘MYOUNG GA’ DI SURABAYA DENGAN PERAN MODERASI ATMOSFER

  • Evina Kurniawan Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 925 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1007 times
Keywords: Atmosfer, Kualitas Layanan, Kualitas Makanan, Kepuasan dan Loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh langsung dari kualitas pelayanan dan kualitas makanan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen, sekaligus peran moderasi persepsi suasana restoran khas Korea di Surabaya yaitu restoran ‘Myoung Ga’.  Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang artinya diperoleh dari responden melalui penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 130 orang, yang pernah berkunjung ke restoran ‘Myoung Ga’ dalam 6 bulan terakhir, dan memiliki pendidikan terakhir minimal SMA/SMK/sederajat. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan jenis judgement sampling. Aras pengukuran yang digunakan adalah aras interval. Penelitian ini diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS 16.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, kualitas makanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Atmosfer memiliki hubungan moderasi yang signifikan antara kualitas layanan, kualitas makanan dan kepuasan pelanggan, atmosfer memiliki hubungan moderasi yang signifikan antara kualitas layanan, kualitas makanan dan loyalitas pelanggan.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmodjo M, 2005, Restoran dan Segala Permasalahannya, Yogyakarta, Andi.

Canny, I.U, 2014, Measuring The Mediating Role of Dining Experience Attributes on Customer Satisfaction and Its Impact on Behavioral Intentions of Casual Dining Restaurant in Jakarta, International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 5, No. 1.

Cooper, D.R. dan P. S. Schindler, 2008, Business Research Methods, 10th Edition, Boston, McGraw Hill.

Cozby, P.C. dan S. C. Bates, 2012, Methods in Behavioral Research, Eleventh Edition, New York, McGraw Hill.

Ferdinand, A, 2002, Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ha, J. dan S.C. Jang, 2010, Effects of Service Quality And Food Quality: The Moderating Role of Atmospherics in an Ethnic Restaurant Segment, International Journal of Hospitality Management, Vol. 29.

Ha, J. dan S.C. Jang, 2012, The Effects of Dining Atmospherics on Behavioral Intentions Through Quality Perception, Journal of Services Marketing, Vol. 26 : 204-215

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. dan Anderson, R.E, 2010, Multivariate Data Analysis, Seventh Edition, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Hawkins dan Mothersbaugh, 2013, Consumer Behavior:Building Marketing Strategy, Twelfth Edition, McGraw – Hill International Edition.

Iacobucci, D, 2010, Structural Equations Modeling: Fit Indices, Sample Size, and Advanced Topics, Journal of Consumer Psychology 20, 90-98.

Isyanto, P., Asep, M., Irma, E, 2012, Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Rental DVD Pada Perusahaan Jasa Rental DVD Club Cabang Tuparev-Karawang, Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 4.

Kheng, L.L., Mahamad, O., Ramayah, T., Mosahab, R, 2010, The Impact of Service Quality on Customer Loyalty: A Study of Banks in Penang, Malaysia, International Journal of Marketing Studies, Vol. 2, No. 2.

Kotler, P. dan G. Armstrong, 2007, Marketing An Introduction, Eighth Edition, Upper Saddle River, Pearson Education.

Kotler, P. dan K. L. Keller, 2006, Marketing Management, 12th Edition, Upper Saddle River, Pearson Education.
Published
2015-09-01