PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BEI PERIODE 2009-2013

  • Monica Chowindra Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 324 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 685 times
Keywords: Corporate Governance, Manajemen Laba, Kinerja Keuangan, Modified Jones Model, Return on Equity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance yang terdiri dari ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, dan komite audit pada praktek manajemen laba dan kinerja keuangan di perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Sampel dari penelitian ini merupakan semua perusahaan perbankan yang berada di Indonesia dalam tahun 2009-2013 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dan memenuhi kriteria pengambilan sampel adalah 30 perusahaan dengan 150 observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model regresi linier data panel. Program yang digunakan untuk mengolah data adalah Eviews 8.0. Manajemen laba dalam penelitian ini diukur menggunakan Modified Jones Model, sementara kinerja keuangan diukur dengan Return on Equity. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa ukuran dewan direksi memberikan dampak tidak signifikan positif pada manajemen laba. Ukuran dewan komisaris dan komisaris independen memberikan dampak signifikan positif, sedangkan komite audit memberikan dampak signifikan negatif pada praktek manajemen laba. Sementara itu, ukuran dewan direksi memberikan dampak signifikan negatif dan ukuran dewan komisaris memberikan dampak signifikan positif pada kinerja keuangan. Komisaris independen dan komite audit keduanya memberikan dampak tidak signifikan positif pada kinerja keuangan perusahaan perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeusi, Stephen O., Akeke, Niyi I., Aribaba, Foluso O. dan Adebisi, Obawale S., 2013, Corporate Governance and Firm Financial Performance: Do Ownership and Board Size Matter?, Academic Journal of Interdisciplinary Studies, Vol. 2: 251-258.

Amba, Sekhar M., 2013, Corporate Governance and Firms’ Financial Performance, Journal of Academic and Business Ethics.

Brigham, Eugene F., dan Gapenski, Louis C, 1997, Financial Management Theory and Practice, 8th Edition, Penerbit The Dryden Press, Orlando.

Djarwanto, 1996, Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian, Penerbit Liberty Yogyakarta, Yogyakarta.

Djarwanto, 2001, Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian, Edisi Kedua, Penerbit Liberty Yogyakarta, Yogyakarta.

Emery, Douglas R., Finnerty, John D., dan Stowe, John D, 1998, Principles of Financial Management, Penerbit Prentice-Hall, Upper Saddle River.

Farida, Yusriati N., Prasetyo, Y. dan Herwiyanti, E., 2010, Pengaruh Penerapan Corporate Governance terhadap Timbulnya Earnings Management dalam Menilai Kinerja Keuangan paada Perusahaan Perbankan di Indonesia, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 12: 69-80.

Ghozali, Imam, 2002, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Kedua, Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gitman, Lawrence J, 2009, Principles of Managerial Finance, 12th Edition, Penerbit Prentice-Hall, Boston.

Gujarati, Damodar N dan Porter, Dawn C, 2010, Essentials of Econometrics, 4th Edition, Penerbit McGraw-Hill, New York.

Halim, Martinus C., 2010, Pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Badan Usaha Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, Universitas Surabaya.

Hastuti, Theresia D., 2005, Hubungan Antara Good Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan dengan Kinerja Keuangan, SNA VIII Solo.

Jao, R. dan Pagalung, G., 2011, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Manajemen Laba Perusahan Manufaktur Indonesia, Jurnal Akuntansi dan Auditing, Vol. 8: 1-94.

Kendall, Nigel dan Sheridan, Thomas, 1996, Corporate Governance (Pengendalian Perusahaan), Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.

Kumaat, Lusye C., 2013, Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan terhadap Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 17: 11-20.
Published
2015-09-01