MARKET RESEARCH COMPOST

Studi Perilaku Konsumen Kompos Untuk Mengetahui Potential User dan Potential Partner Studi Kasus FORWARD

  • William Wijaya Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Dudi Anandya Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian kali bertujuan untuk mengetahui kondisi pasar kompos yang ada di pasaran saat ini khususnya yang berada di daerah Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Gresik, Jawa Timur. Untuk mengetahui kondisi pasar yang ada, dilakukanlah sebuah market research untuk mengetahui keadaan pasar dan karakteristik pasar yang dihadapi. Penelitian  ini merupakan studi kasus untuk FORWARD di EAWAG yang digunakan untuk mendukung program pengelolaan limbah padat organik perkotaan menjadi salah satu bentuk produk konversi yaitu kompos.  Oleh  karena  itu  untuk mencapai  tujuan  tersebut, pada penelitian ini dibahas mengenai siapa sajakah potential user dan potential partner untuk produk kompos dan/atau produk subsitusi sejenis yang ada dipasaran saat ini. Penelitian  ini merupakan  penelitian kualitatif  dengan sumber data didapatkan dari hasil observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan analisis dokumen. Informan dari penelitian ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu subjek penelitian kategori fertilizer retailer, user¸dan fertilizer and compost maker. Dalam  penelitian  ini  dibahas  mengenai  jenis dan merek pupuk dan/atau produk subsitusi sejenis yang paling laku dipasaran, pendapat para informan tentang penerimaan produk baru, dan berhubungan dengan potensi pasar kompos yang ada saat ini. Dari penelitian kali ini didapatkan hasil bahwa, yang bisa dijadikan sebagai potential user adalah para petani khususnya petani daerah desa Wajak, Malang Selatan tetapi harus melakukan kerjasama terlebih dahulu dengan toko pertanian setempat dan Koperasi Unit Desa yang ada, dan para fertilizer retailer, dengan catatan produk baru yang ditawarkan harus sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan para penjual tanaman hias dan pupuk. Sedangkan yang bisa dijadikan sebagai potential partner adalah para fertilizer retailer, PT. Petrokimia, Kebun Binatang Surabaya, dan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Desa Janti, Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. 2013. Persentase Rumah Tangga Menurut Provinsi dan Perlakuan Memilah Sampah Mudah Membusuk dan Tidak Mudah Membusuk, 2013. Sumber http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=1&tabel=1&daftar=1&id_subyek=15 2¬ab=8, diakses tanggal 14 September 2014.

David FR, 2013, Strategic Management, Fourteenth Edition, Pearson Education Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Efferin, S., Darmadji, S.H. dan Tan, Y. 2008. Metode Penelitian Akuntansi : Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kementrian Pertanian Republik Indonesia. 2011. Peraturan Menteri Pertanian No. 70 Tahun 2011. Sumber : perundangan.pertanian.go.id/admin/file/Permentan-70-11.pdf, diakses tanggal : 27 November 2014.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Neuman, W.L. 2003. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches, 5th ed. Boston, USA : Allyn and Bacon.

Peter, J. Pau., dan Jerry C. Olson. 1999. Consumer Behaviour dan Marketing Strategy. United State of America : Irwin McGraw-Hill.

Porter, Michael (1994). Keunggulan Bersaing. Jakarta: Binaputra Aksara.

Prasetijo, R dan Ihalauw, J. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta ; Andi.

Prihandarini, R., 2008. Pengembangan Industri Pupuk Organik di Indonesia. MAPORINA. Jakarta.

Rahman, FA. 2014. Reduce, Reuse, Recycle: Alternatives for Waste Management. New Mexcico State University and the U.S. Department of Agriculture cooperating.

Schiffman, L G dan Kanuk, L L. 2000. Consumer Behaviour. 4th edition. United State of America : Prentice-Hall, Inc.

Sekaran, U dan Bougie, R. 2013. Research Methods for Business, 6th ed. Italy : Printer Trento Srl.

Strauss, A. L. dan Corbin, J.. 2008. Basics of qualitative research : techniques and procedures for developing grounded theory. Newbury Park, CA: Sage.
Published
2015-09-01
How to Cite
WIJAYA, William; ANANDYA, Dudi. MARKET RESEARCH COMPOST. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 19, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2172>. Date accessed: 31 oct. 2020.