MARKET RESEARCH COMPOST
Studi Perilaku Konsumen Kompos Untuk Mengetahui Potential User dan Potential Partner Studi Kasus FORWARD
Abstract
Penelitian kali bertujuan untuk mengetahui kondisi pasar kompos yang ada di pasaran saat ini khususnya yang berada di daerah Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Gresik, Jawa Timur. Untuk mengetahui kondisi pasar yang ada, dilakukanlah sebuah market research untuk mengetahui keadaan pasar dan karakteristik pasar yang dihadapi. Penelitian ini merupakan studi kasus untuk FORWARD di EAWAG yang digunakan untuk mendukung program pengelolaan limbah padat organik perkotaan menjadi salah satu bentuk produk konversi yaitu kompos. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut, pada penelitian ini dibahas mengenai siapa sajakah potential user dan potential partner untuk produk kompos dan/atau produk subsitusi sejenis yang ada dipasaran saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data didapatkan dari hasil observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan analisis dokumen. Informan dari penelitian ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu subjek penelitian kategori fertilizer retailer, user¸dan fertilizer and compost maker. Dalam penelitian ini dibahas mengenai jenis dan merek pupuk dan/atau produk subsitusi sejenis yang paling laku dipasaran, pendapat para informan tentang penerimaan produk baru, dan berhubungan dengan potensi pasar kompos yang ada saat ini. Dari penelitian kali ini didapatkan hasil bahwa, yang bisa dijadikan sebagai potential user adalah para petani khususnya petani daerah desa Wajak, Malang Selatan tetapi harus melakukan kerjasama terlebih dahulu dengan toko pertanian setempat dan Koperasi Unit Desa yang ada, dan para fertilizer retailer, dengan catatan produk baru yang ditawarkan harus sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan para penjual tanaman hias dan pupuk. Sedangkan yang bisa dijadikan sebagai potential partner adalah para fertilizer retailer, PT. Petrokimia, Kebun Binatang Surabaya, dan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Desa Janti, Sidoarjo.
Downloads
References
David FR, 2013, Strategic Management, Fourteenth Edition, Pearson Education Inc., Upper Saddle River, New Jersey.
Efferin, S., Darmadji, S.H. dan Tan, Y. 2008. Metode Penelitian Akuntansi : Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kementrian Pertanian Republik Indonesia. 2011. Peraturan Menteri Pertanian No. 70 Tahun 2011. Sumber : perundangan.pertanian.go.id/admin/file/Permentan-70-11.pdf, diakses tanggal : 27 November 2014.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Neuman, W.L. 2003. Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches, 5th ed. Boston, USA : Allyn and Bacon.
Peter, J. Pau., dan Jerry C. Olson. 1999. Consumer Behaviour dan Marketing Strategy. United State of America : Irwin McGraw-Hill.
Porter, Michael (1994). Keunggulan Bersaing. Jakarta: Binaputra Aksara.
Prasetijo, R dan Ihalauw, J. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta ; Andi.
Prihandarini, R., 2008. Pengembangan Industri Pupuk Organik di Indonesia. MAPORINA. Jakarta.
Rahman, FA. 2014. Reduce, Reuse, Recycle: Alternatives for Waste Management. New Mexcico State University and the U.S. Department of Agriculture cooperating.
Schiffman, L G dan Kanuk, L L. 2000. Consumer Behaviour. 4th edition. United State of America : Prentice-Hall, Inc.
Sekaran, U dan Bougie, R. 2013. Research Methods for Business, 6th ed. Italy : Printer Trento Srl.
Strauss, A. L. dan Corbin, J.. 2008. Basics of qualitative research : techniques and procedures for developing grounded theory. Newbury Park, CA: Sage.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.