DESAIN VIRAL MARKETING UNTUK PRODUK OMEGASOFT CLOUD DI PT ESPLANADE TEKNOLOGI INDONESIA

  • Teddy Herdinata Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Dudi Anandya Jurusan Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 117 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 188 times
Keywords: viral marketing, interactive marketing, e-marketing, Word-of-Mouth, online marketing, electronic referrals

Abstract

Penggunaan internet sudah tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kepentingan bisnis maupun untuk bersosialisasi. Penggunaan email dalam berkoresponden baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis telah menjadi suatu kegiatan yang umum di dalam masyarakat umum maupun di dalam dunia bisnis. Begitu juga dengan perkembangan media sosial, yang tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi tetapi juga dimanfaatkan untuk memasarkan produk. Word-of-Mouthyangmerupakan salah satu strategi marketing telah berkembang hingga menjadi electronic Word-of-Mouth(eWoM) dengan memanfaatkan keberadaan email dan media sosial. Penelitian ini merupakan studi kasus untuk PT Esplanade Teknologi Indonesia dalam memasarkan produk OmegaSoft Cloud, yang berfokuskan pada strategi pemasaran viral marketing melalui email dan media sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut penelitian ini membahas perilaku dari pengguna produk OmegaSoft Cloud dan calon konsumen dari OmegaSoft Cloud terkait dengan penggunaan email dan media sosial serta desain sistim viral marketing yang sesuai dengan perilaku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data yang didapat dari hasil wawancara, analisis dokumen dan observasi. Responden dari penelitian dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori pengguna OmegaSoft Cloud dan bukan pengguna OmegaSoft Cloud, yang dimana pada masing-masing responden tersebut merupakan pelaku bisnis baik berskala kecil maupun menengah. Hasil dari penelitian ini adalah suatu desain sistim viral marketing yang dimulai dari “seeder” hingga mencapai target “receiver”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghdaie, S.F.A., A. Sanayei, dan M. Etebari. 2012. Evalution of the Consumers’ Trust Effect on Viral Marketing Acceptance Based on the Technology Acceptance Model. International Journal of Marketing Studies, Vol:4(6): 79 –94

Bartlett-Bragg, A. 2006.Reflections on Pedagogy: Reframing Practice to Foster Informal Learning with Social.Working Paper. University of Technology Sydney

Berger, J. dan K. Milkman. 2010. Social Transmission, Emotion, and The Virality of OnlineContent. Working Paper.Wharton School, University of Pennsylvania.

Bruyn, A.D. danG.L. Lilien. 2004. A Multi-Stage Model of Word-of-Mouth Through Electronic Referrals.eBusiness research Center Working Paper. The Pennsylvania State University

Bruyn, A.D. danG.L. Lilien. 2008. A Multi-Stage Model of Word-of-Mouth Influence Through Viral Marketing.International Journal of Research in Marketing,Vol 25:151–163

Chohan, R. 2013. Understanding the Role of Emotion in Viral Marketing. Thesis.University of Cape Town Marketing Section, School of management Studies

Divya, V.I. 2012. Mobile Application With Cloud Computing. Internasional Journal of Scientific and Research Publications,Vol 2 (4): 1 –6

Dobele, A.,D. Toleman, dan M. Beverland. 2005. Controlled Infection! Spreading The Brand Message Through Viral Marketing. Business Horizon, Vol 48: 143 –149

Dobele, A., A. Lindgreen, M. Beverland, J. Vanhamme dan R.v. Wijk. 2007. Why Pass on Viral Messages? Because They Connect Emotionally. Business Horizon,Vol 50: 291 –304

Eckler, P., dan S.Rodgers. 2010 . Viral Marketing on The Internet. Wiley International Encyclopedia of Marketing. John Wiley & Sons Ltd

Hennig-Thurau, T., K.P. Gwinner, G. Walsh, dan D.D. Gremler. 2004. Electronic Word-of-Mouth via Consumer-opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?. Journal of Interactive Marketing,Vol18: 38 –52
Published
2016-03-01