DESAIN VIRAL MARKETING UNTUK PRODUK OMEGASOFT CLOUD DI PT ESPLANADE TEKNOLOGI INDONESIA
Abstract
Penggunaan internet sudah tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk kepentingan bisnis maupun untuk bersosialisasi. Penggunaan email dalam berkoresponden baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis telah menjadi suatu kegiatan yang umum di dalam masyarakat umum maupun di dalam dunia bisnis. Begitu juga dengan perkembangan media sosial, yang tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi tetapi juga dimanfaatkan untuk memasarkan produk. Word-of-Mouthyangmerupakan salah satu strategi marketing telah berkembang hingga menjadi electronic Word-of-Mouth(eWoM) dengan memanfaatkan keberadaan email dan media sosial. Penelitian ini merupakan studi kasus untuk PT Esplanade Teknologi Indonesia dalam memasarkan produk OmegaSoft Cloud, yang berfokuskan pada strategi pemasaran viral marketing melalui email dan media sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut penelitian ini membahas perilaku dari pengguna produk OmegaSoft Cloud dan calon konsumen dari OmegaSoft Cloud terkait dengan penggunaan email dan media sosial serta desain sistim viral marketing yang sesuai dengan perilaku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data yang didapat dari hasil wawancara, analisis dokumen dan observasi. Responden dari penelitian dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori pengguna OmegaSoft Cloud dan bukan pengguna OmegaSoft Cloud, yang dimana pada masing-masing responden tersebut merupakan pelaku bisnis baik berskala kecil maupun menengah. Hasil dari penelitian ini adalah suatu desain sistim viral marketing yang dimulai dari “seeder” hingga mencapai target “receiver”.
Downloads
References
Bartlett-Bragg, A. 2006.Reflections on Pedagogy: Reframing Practice to Foster Informal Learning with Social.Working Paper. University of Technology Sydney
Berger, J. dan K. Milkman. 2010. Social Transmission, Emotion, and The Virality of OnlineContent. Working Paper.Wharton School, University of Pennsylvania.
Bruyn, A.D. danG.L. Lilien. 2004. A Multi-Stage Model of Word-of-Mouth Through Electronic Referrals.eBusiness research Center Working Paper. The Pennsylvania State University
Bruyn, A.D. danG.L. Lilien. 2008. A Multi-Stage Model of Word-of-Mouth Influence Through Viral Marketing.International Journal of Research in Marketing,Vol 25:151–163
Chohan, R. 2013. Understanding the Role of Emotion in Viral Marketing. Thesis.University of Cape Town Marketing Section, School of management Studies
Divya, V.I. 2012. Mobile Application With Cloud Computing. Internasional Journal of Scientific and Research Publications,Vol 2 (4): 1 –6
Dobele, A.,D. Toleman, dan M. Beverland. 2005. Controlled Infection! Spreading The Brand Message Through Viral Marketing. Business Horizon, Vol 48: 143 –149
Dobele, A., A. Lindgreen, M. Beverland, J. Vanhamme dan R.v. Wijk. 2007. Why Pass on Viral Messages? Because They Connect Emotionally. Business Horizon,Vol 50: 291 –304
Eckler, P., dan S.Rodgers. 2010 . Viral Marketing on The Internet. Wiley International Encyclopedia of Marketing. John Wiley & Sons Ltd
Hennig-Thurau, T., K.P. Gwinner, G. Walsh, dan D.D. Gremler. 2004. Electronic Word-of-Mouth via Consumer-opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?. Journal of Interactive Marketing,Vol18: 38 –52
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.