PEMBUATAN APLIKASI INTERAKTIF BERISI STIMULUS POSITIF UNTUK PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK

  • Fanny Fanny Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 50 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 46 times
Keywords: perkembangan karakter anak, aplikasi pembelajaran, stimulus positif

Abstract

Masa kanak-kanak adalah masa yang menyenangkan karena penuh dengan rasa ingin tahu dan selalu ingin bereksplorasi. Anak-anak selalu ingin melakukan dan mengetahui informasi yang baru. Tapi anak-anak masih belum dapat membedakan hal yang benar dan tidak benar jika belum diajarkan sebelumnya. Oleh karena itu dibutuhkan orangtua yang selalu mendampingi anak. Orangtua mengeajarkan hal benar dan tidak benar untuk dilakukan. Meskipun begitu, pada hasil interview pada beberapa responden, orangtua tidak sepenuhnya dapat mendampingi anak mereka. Pada saat orangtua tidak dapat mendampingi, mereka memberikan gadget agar dapat mengihibur anak. Gadget yang berisi permainan yang dapat merangsang pertumbuhan otak anak. Tapi masih kurangnya aplikasi pembelajaran interaktif dalam memberikan stimulus positif untuk perkembangan karakter anak. Dari permasalahan tersebut, maka dibuatlah sebuah aplikasi pembelajaran yang sifatnya interaktif agar dapat membantu anak-anak untuk menjadi anak yang mandiri. Aplikasi ini menyajikan contoh kasus yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang ditunjang dengan gambar dan animasi. Selain itu, adanya interaktivitas pada aplikasi ini diharapkan dapat menarik perhatian serta meningkatkan kemudahan bagi anak untuk dapat memahami pesan yang disampaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alex, H. (2003). Peran Pola Asuh Dalam Membentuk Karakter Anak. Tersedia dari: http://www.pendidikankarakter.com/peran-pola-asuh-dalam-membentuk-karakter-anak/ [Diakses pada tanggal: 24 Mei 2014].

Christne, L. (2012). Aktivitas Anak Pintar. Jakarta: Cikal Aksara.

Dewi, T. dan Sinta, J. (2012). Jenis-Jenis Kecerdasan Anak. Tersedia dari: http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/balita/psikologi/menstimulasi.8.jenis.kecerdasan.anak/001/007/840/1/1 [Diakses pada tanggal: 10 April 2014].

Evie, S. (2010). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Tersedia dari: http://evie4210.blogspot.com/ [Diakses pada tanggal 17 Maret 2014].

Joseph. (2013). Tahap Perkembangan Psikologi Anak. Tersedia dari: http://mendidikanakanak.blogspot.com/2013/04/tahap-perkembangan-psikologi-anak.html [Diakses pada tanggal: 18 April 2014].

Masrurroh, I.N., dan Adi, S.W. (2013). Perkembangan Sosioemosional Anak Usia Sekolah Dasar. Tersedia dari: http://rimatrian.blogspot.com/2013/12/perkembangan-sosioemosional-anak-usia.html [Diakses pada tanggal 20 Maret 2014].
Published
2015-09-01