PEMBUATAN MOTION COMIC PEWAYANGAN PUNAKAWAN UNTUK PEMBELAJARAN AKSARA JAWA
Abstract
Pada era globalisasi, kebudayaan yang dimiliki oleh indonesia khususnya aksara jawa mulai digeser dengan adanya budaya luar yang masuk kedalam Indonesia. Bahkan banyak dari orang jawa sendiri sudah tidak mengerti dan bisa dalam menggunakan aksara jawa. Hal ini dikarenakan kurangnya media pembelajaran serta cara pengajaran yang kurang menarik yang ada di dalam sekolah. Untuk mendukung pengajaran serta pemahaman terhadap aksara jawa, diperlukan aplikasi interaktif yang dapat membantu dalam mempelajari aksara jawa serta menghilangkan penat selama melakukan proses pembelajaran di sekolah maupun di tempat kursus belajar. Memperhitungkan hal tersebut, penulis memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi motion comic untuk perangkat Pc atau komputer berbasis windows yang berjudul Petrualangan Punakawan Mencari “Harta Nusantara”. Pembuatan aset, tampilan, dan gambar pada aplikasi ini dibuat dengan Adobe Illustrator CS6, sedangkan untuk pembuatan animasi dan aplikasi dibuat dengan Adobe Flash CS6. Bahasa pemrograman untuk yang digunakan oleh aplikasi ini adalah Action Script 3.0. Dalam motion comicPetrualangan Punakawan Mencari “Harta Nusantara” user akan melihat petualangan petruk, gareng, dan bagong dalam mencari harta nusantara serta user akan mempelajari dan menjawab pertanyaan seputar aksara jawa. Dalam pembelajaran aksara jawa, user akan mempelajari aksara jawa nglegena, aksara jawa sandhangan, dan aksara jawa pasangan. Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil dari uji coba dan evaluasi ini menunjukkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Aplikasi motion comic Petrualangan Punakawan ini dapat menghibur pengguna, sekaligus memberi pembelajaran serta ilmu tentang aksara jawa. Hal ini sangat berbeda dengan motion comic pada umumnya yang hanya menyuguhkan cerita saja.
Downloads
References
Chandra. (2007). Flash CS3 Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.
Suwardi E, (2010). Folkor Jawa. Kediri: Penaku.
Soetrisno R,(1938). Wayang Sebagai Ungkapan Filsafat Jawa.Yogyakarta:Erlangga
Vaughan, T. (2006). Multimedia : Making it Work, 7th Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Hill.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.