PEMBUATAN APLIKASI PERTAHANAN DIRI KRAV MAGA UNTUK WANITA BERBASIS VIDEO INTERAKTIF

  • Aditya Maniek Dwi Putri Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 145 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 284 times
Keywords: aplikasi interaktif, video, krav maga, wanita

Abstract

Kejahatan kebanyakan terjadi pada wanita, karena secara umum wanita lebih lemah dari laki-laki. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejahatan yang tidak diinginkan, misalnya mengikuti beladiri, menyewa bodyguard, tidak pergi sendirian dan sebagainya. Alasan pemilihan bela diri krav maga dibanding beladiri lain, karena ada banyak keuntungan yang dimiliki oleh krav maga. Beberapa keuntungan Krav Maga adalah Krav Maga untuk semua, teknik-teknik Krav Maga dirancang untuk menjadi efektif terlepas dari seseorang ukuran, kekuatan atau jenis kelamin. Tidak seperti seni bela diri lain yang bergantung pada kemampuan atletik seseorang, Krav Maga didasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah tempur. Krav Maga tidak memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mencapai pembelaan diri yang profesional.Krav maga merupakan salah satu alternatif pembelaan diri untuk wanita yang dapat digunakan untuk mengantisipasi kejahatan di tempat umum misalnya penodongan, pemerkosaan dan penyerangan. Oleh karena itu, berdasarkan masalah-masalah di atas, maka dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu wanita untuk mengetahui teknik-teknik dasar dari krav maga. Aplikasi ini menggunakan fitur multi angle video sehingga membuat pengguna mengerti gerakan krav maga. Aplikasi ini juga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya dan diperankan oleh wanita. Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba  dan evaluasi. Dari hasil uji coba, membuktikan tidak ada kesalahan yang terjadi di dalam aplikasi. Dari hasil evaluasi juga disimpulkan bahwa aplikasi ini membantu pengguna untuk memahami kejahatan apa saja yang terjadi pada wanita.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, Tiyo, Yopi, Inung, dkk. Perempuan Obyek Empuk Kejahatan [Internet] http://poskotanews.com/2013/03/09/perempuan-obyek-empuk kejahatan/ (Diakses pada tanggal 15 Oktober 2014)

Ashar, Denni (2011). 5 Seni Paling mematikan di Dunia [internet] http://old.uniknya.com/2011/05/12/5-seni-bela-diri-paling-mematikan-di-dunia/ (Diakses pada tanggal 5 Maret 2014)

Fordmodels (2007). Self Defense with Kim Strother and Ian Morris [Internet] https://www.youtube.com/watch?v=yAm1WdFTqKQ (Diakses pada tanggal 15 Oktober 2014)

Krav Maga Training (2014). KRAV MAGA TRAINING • That's why the Street is different from your Dojo [Internet] https://www.youtube.com/watch?v=tlXxVPt7rrQ, (Diakses pada tanggal 15 Oktober 2014)

Murniati, A. Nunuk Prasetyo. Getar Gender; Buku Pertama, IndonesiaTera, Magelang, 2004.

Nathantarctique (2013). SELF-DEFENSE - Krav Maga ( +150 techniques ) [Internet] http://www.youtube.com/watch?v=EW49YKaLAFI&hd=1 (Diakses pada tanggal 15 Oktober 2014)

Rahman, Taufik. Teknik Shooting Video, Caraka Dharma Angkasa, Bandung, 1993.

Santoso, Thomas. Teori-teori Keekerasan. 2002. Penerbit Galia Indonesia. Jakarta, 2002.
Published
2015-09-01