PEMBUATAN CORPORATE BRANDING SENTOSA MINI MARKET

  • Veronica Resa Surya Wijaya Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 227 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 273 times
Keywords: Corporate Branding, Graphic Standart Manual (GSM)

Abstract

Sentosa mini market merupakan sebuah usaha baru yang bergerak dalam bidang perdagangan terutama menyediakan kebutuhan sehari-hari. Sebuah usaha baru membutuhkan corporate branding yang baik. Corporate branding adalah serangkaian proses untuk membangun nama perusahaan menjadi merek atau brand. Maka dengan adanya corporate branding, Sentosa mini market mampu dikenal dan dibedakan dengan perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang sama. Pembuatan corporate branding diawali dengan melakukan analisis terhadap faktor internal dan ekstenal mini market untuk memperoleh keunikan mini market. Dari analisis, diperoleh kesimpulan permasalahan yang sedang dihadapi dan kebutuhan yang diperlukan. Setelah memperoleh sebuah identitas yang tepat bagi Sentosa mini market dibuatlah konsep desain corporate branding secara keseluruhan. Konsep desain diterapkan mulai dari logo, tagline, warna perusahaan, tipografi, maskot dan elemen grafis serta pada media penerapan corporate branding. Berdasarkan pada hasil analisis dibuatlah lambang perusahaan dan  media penerapan lambang perusahaan seperti: Graphic Standart Manual (GSM), brosur, nota, katalog manual, seragam karyawan, dekorasi ruangan, bumper video dan website dinamis. Uji coba dilakukan dengan melakukan verifikasi pada keselurahan media penerapan lambang perusahaan. Kemudian dilakukan validasi dengan menggunakan kuisioner kepada responden yang menjadi target pasar dari Sentosa mini market dan pihak perwakilan perusahaan. Setelah melakukan proses uji coba dapat disimpulkan bahwa corporate branding telah diterapkan secara konsisten pada seluruh media perusahaan sehingga mudah untuk diingat. Selain itu semua informasi pada media penerapan lambang perusahaan lengkap dan mudah dipahami. Adanya website juga mempermudah target pasar dalam melakukan proses pemesanan barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. 2005. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Ambose, G. & harris, P. 2006. The Fundamentals of Typography. USA: Ava Publishing.

Ardhana, YM Kusuma. 2013. Pemrograman PHP CodeIgniter Blackbox. Jakarta: Jasakom.

Baraban, R. & Durocher, J. 2010. Successful Restaurant Design. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Beighley, L. 2010. JQuery For Dummies. USA: Wiley Publishing Inc.

Carter, D.I. 2001. Blue Is Hot, Red Is Cool : Choosing The Right Color For Your Logo. New York: Cincinnati OH: HBI; Distributed in the U.S. by North Light.

Chiaravalle, B. & Schenck, B. 2011. Branding for Dummies. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Dameria, A. 2007. Color Basic: Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan Industri Grafika 1st ed. Jakarta: link & Match Graphic.

Dowling, G. 2002. Creating Corporate Reputations: Identity, Image, and Performance. New York: Oxford University Press Inc.

Hariyani, I., Serfianto, R. & Yustisia, C. 2011. Merger, Konsolidasi, Akuisisi, & Pemisahan Perusahaan. Jakarta: Transmedia Pustaka.

H.B. Sutopo. 2006. Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kasali, R. 2003. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kasali, Rhenaldi. 2007. Membidik Pasar Indonesia Segmenting, Targeting, dan Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Media.

Landa, R. 2010. Designing Brand Experience. New York: Thompson Delmar Learning.
Published
2015-09-01