PEMBUATAN CORPORATE BRANDING SENTOSA MINI MARKET
Abstract
Sentosa mini market merupakan sebuah usaha baru yang bergerak dalam bidang perdagangan terutama menyediakan kebutuhan sehari-hari. Sebuah usaha baru membutuhkan corporate branding yang baik. Corporate branding adalah serangkaian proses untuk membangun nama perusahaan menjadi merek atau brand. Maka dengan adanya corporate branding, Sentosa mini market mampu dikenal dan dibedakan dengan perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang sama. Pembuatan corporate branding diawali dengan melakukan analisis terhadap faktor internal dan ekstenal mini market untuk memperoleh keunikan mini market. Dari analisis, diperoleh kesimpulan permasalahan yang sedang dihadapi dan kebutuhan yang diperlukan. Setelah memperoleh sebuah identitas yang tepat bagi Sentosa mini market dibuatlah konsep desain corporate branding secara keseluruhan. Konsep desain diterapkan mulai dari logo, tagline, warna perusahaan, tipografi, maskot dan elemen grafis serta pada media penerapan corporate branding. Berdasarkan pada hasil analisis dibuatlah lambang perusahaan dan media penerapan lambang perusahaan seperti: Graphic Standart Manual (GSM), brosur, nota, katalog manual, seragam karyawan, dekorasi ruangan, bumper video dan website dinamis. Uji coba dilakukan dengan melakukan verifikasi pada keselurahan media penerapan lambang perusahaan. Kemudian dilakukan validasi dengan menggunakan kuisioner kepada responden yang menjadi target pasar dari Sentosa mini market dan pihak perwakilan perusahaan. Setelah melakukan proses uji coba dapat disimpulkan bahwa corporate branding telah diterapkan secara konsisten pada seluruh media perusahaan sehingga mudah untuk diingat. Selain itu semua informasi pada media penerapan lambang perusahaan lengkap dan mudah dipahami. Adanya website juga mempermudah target pasar dalam melakukan proses pemesanan barang.
Downloads
References
Ambose, G. & harris, P. 2006. The Fundamentals of Typography. USA: Ava Publishing.
Ardhana, YM Kusuma. 2013. Pemrograman PHP CodeIgniter Blackbox. Jakarta: Jasakom.
Baraban, R. & Durocher, J. 2010. Successful Restaurant Design. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Beighley, L. 2010. JQuery For Dummies. USA: Wiley Publishing Inc.
Carter, D.I. 2001. Blue Is Hot, Red Is Cool : Choosing The Right Color For Your Logo. New York: Cincinnati OH: HBI; Distributed in the U.S. by North Light.
Chiaravalle, B. & Schenck, B. 2011. Branding for Dummies. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Dameria, A. 2007. Color Basic: Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan Industri Grafika 1st ed. Jakarta: link & Match Graphic.
Dowling, G. 2002. Creating Corporate Reputations: Identity, Image, and Performance. New York: Oxford University Press Inc.
Hariyani, I., Serfianto, R. & Yustisia, C. 2011. Merger, Konsolidasi, Akuisisi, & Pemisahan Perusahaan. Jakarta: Transmedia Pustaka.
H.B. Sutopo. 2006. Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Kasali, R. 2003. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Kasali, Rhenaldi. 2007. Membidik Pasar Indonesia Segmenting, Targeting, dan Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Media.
Landa, R. 2010. Designing Brand Experience. New York: Thompson Delmar Learning.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.