PEMBUATAN APLIKASI VISUALISASI RUANGAN UNTUK PEMILIHAN SEPRAI PADA TOKO SEPRAI
Abstract
Tidur merupakan hal yang sangat diperhatikan bagi setiap orang. Pemilihan warna seprai, dan bahan yang tidak sesuai dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada saat tidur. Kebutuhan akan produk seprai, membuat masyarakat untuk membeli seprai di toko seprai. Pada proses penjualan seprai, umumnya penjual seprai memberikan katalog gambar, tetapi katalog memiliki kekurangan karena semua gambar atau foto ruangan kamar tidur yang diberikan penjual seprai sebagian besar berbeda dengan ruangan kamar tidur calon konsumen, atau konsumen. Jadi penggunaan katalog masih belum membantu masyarakat dalam memilih seprai. Namun apabila konsumen memiliki gambaran motif warna seprai yang sesuai tatanan warna kamar tidur, maka proses pembelian seprai akan jauh lebih mudah, dan cepat untuk penjual dan juga konsumennya.Maka dari itu, penulis membuat sebuahaplikasi visualisasi ruangan untuk pemilihan seprai pada toko seprai, yang bisa digunakan untuk memberikan visualisasi seprai yang sesuai dengan tatanan warna ruangan kamar tidur. Pembuatan aset, tampilan dan program pada game ini menggunakan software Adobe Flash Professional CS5, Adobe Illustrator CS5, Adobe Photoshop CS5, Alternativa 3D, dan Autodesk 3DsMax. Aplikasi ini melewati tahap uji coba dan evaluasi melalui kuisioner yang dibagikan kepada tester aplikasi. Aplikasi ini telah berhasil dibuat dan berfungsi sebagai aplikasi yangmembantu pengguna mendapat visualisasi seprai yang sesuai dengan tatanan warna ruangan kamar tidur sehingga dapat memilih seprai.
Downloads
References
Ambler, S. 2000. User Interface Design: Tips and Techniques. Cambridge: Cambridge University Press.
Arisza, Devi. dkk. 2010. Ide Penataan Interior Rumah Mungil Simpel Minimalis. Jakarta: Griya Kreasi (Penebar Swadaya Grup).
Ide, Pangkalan. 2007. Inner Healing at Home Siasat “Menangkal” Sumber Penyakit dan Pencentus Kanker di Rumah Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Isroi. 2005. Trik Desain Presentasi dengan Microsoft Office Powerpoint 2003. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Mullen, T (2009). Mastering Blender. 1st ed. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.
Permana, Budi 2008. Seri Penuntun Praktis Adobe Phostoshop CS 3. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sandjaya, Imelda. 2007. Seni Menata Rumah Kamar Tidur. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Shneiderman, B., 1998, Designing the User Interface – Strategies for Effective Human-Computer Interaction, Third Edition, Addison-Wesley, USA.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.