PEMBUATAN APLIKASI VISUALISASI RUANGAN UNTUK PEMILIHAN SEPRAI PADA TOKO SEPRAI

  • Melvin Setiadarma Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 52 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 59 times
Keywords: seprai, katalog, visualisasi, pemrograman

Abstract

Tidur merupakan hal yang sangat diperhatikan bagi setiap orang. Pemilihan warna seprai, dan bahan yang tidak sesuai dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada saat tidur. Kebutuhan akan produk seprai, membuat masyarakat untuk membeli seprai di toko seprai. Pada proses penjualan seprai, umumnya penjual seprai memberikan katalog gambar, tetapi katalog memiliki kekurangan karena semua gambar atau foto ruangan kamar tidur yang diberikan penjual seprai sebagian besar berbeda dengan ruangan kamar tidur calon konsumen, atau konsumen. Jadi penggunaan katalog masih belum membantu masyarakat dalam memilih seprai. Namun apabila konsumen memiliki gambaran motif warna seprai yang sesuai tatanan warna kamar tidur, maka proses pembelian seprai akan jauh lebih mudah, dan cepat untuk penjual dan juga konsumennya.Maka dari itu, penulis membuat sebuahaplikasi visualisasi ruangan untuk pemilihan seprai pada toko seprai, yang bisa digunakan untuk memberikan visualisasi seprai yang sesuai dengan tatanan warna ruangan kamar tidur. Pembuatan aset, tampilan dan program pada game ini menggunakan software Adobe Flash Professional CS5, Adobe Illustrator CS5, Adobe Photoshop CS5, Alternativa 3D, dan Autodesk 3DsMax. Aplikasi ini melewati tahap uji coba dan evaluasi melalui kuisioner yang dibagikan kepada tester aplikasi. Aplikasi ini telah berhasil dibuat dan berfungsi sebagai aplikasi yangmembantu pengguna mendapat visualisasi seprai yang sesuai dengan tatanan warna ruangan kamar tidur sehingga dapat memilih seprai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmal, I. 2005. Seri interior pilihan Imelda Akmal KAMAR TIDUR PILIHAN. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ambler, S. 2000. User Interface Design: Tips and Techniques. Cambridge: Cambridge University Press.

Arisza, Devi. dkk. 2010. Ide Penataan Interior Rumah Mungil Simpel Minimalis. Jakarta: Griya Kreasi (Penebar Swadaya Grup).

Ide, Pangkalan. 2007. Inner Healing at Home Siasat “Menangkal” Sumber Penyakit dan Pencentus Kanker di Rumah Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Isroi. 2005. Trik Desain Presentasi dengan Microsoft Office Powerpoint 2003. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mullen, T (2009). Mastering Blender. 1st ed. Indianapolis, Indiana: Wiley Publishing, Inc.

Permana, Budi 2008. Seri Penuntun Praktis Adobe Phostoshop CS 3. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sandjaya, Imelda. 2007. Seni Menata Rumah Kamar Tidur. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Shneiderman, B., 1998, Designing the User Interface – Strategies for Effective Human-Computer Interaction, Third Edition, Addison-Wesley, USA.
Published
2015-09-01