PEMBUATAN APLIKASI JADWAL BERTEMU DOSEN DAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SURABAYA BERBASIS WEB

  • Victor Immanuel Rumende Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Universitas Surabaya merupakan salah satu universitas yang berkompetensi dalam bidang akademis. Jurusan Teknik Informatika dan program kekhususannya merupakan salah satu jurusan akademis yang dimiliki oleh Universitas Surabaya dan memiliki dosen serta mahasiswa dengan jumlah yang cukup banyak. Saat ini, jurusan Teknik Informatika dan program kekhususannya sudah menggunakan aplikasi berbasis website yang digunakan untuk keperluan aktivitas kuliah, salah satunya yaitu myubaya dan program perwalian. Mahasiswa dan dosen sering mengalami kendala dalam membuat janji bertemu yaitu dosen kesulitan menghubungi mahasiswa jika berhalangan, mahasiswa kesulitan menemukan jadwal bertemu yang tepat, dan antrian konsultasi yang tidak jelas. Untuk mengatasi kendala tersebut maka dibuatlah aplikasi jadwal bertemu dosen dan mahasiswa Teknik Informatika Universitas Surabaya. Aplikasi yang dibuat tersebut membantu dosen untuk membuat jadwal serta membatalkan jadwal, membantu mahasiswa untuk mendapatkan informasi jadwal yang jelas dari dosen beserta antriannya, dan juga notifikasi email ke mahasiswa jika dosen melakukan pembatalan janji. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang telah dibuat telah menyelesaikan masalah yang ada untuk mengatur jadwal bertemu antara dosen dan mahasiswa, memenuhi tujuan yaitu membuat aplikasi yang dapat diakses dengan mudah oleh dosen dan mahasiswa untuk membuat jadwal bertemu, serta bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa. Berikutnya, dari hasil uji coba didapatkan beberapa saran untuk mengembangkan aplikasi serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bhardwaj, S., & Jain, V. (n.d.). How to use Color Theory to enhance your eCommerce Store.. MagentoeCommerceWebDigital Marketing RSS. Retrieved May 9, 2014, from http://www.cdotsys.com/how-to-use-color-theory-to-enhance-your-ecommerce-store/

Cannon, T. (2012, September 12). An Introduction to Color Theory for Web Designers - Tuts+ Web Design Article. Web Design Tuts+. Retrieved May 9, 2014, from http://webdesign.tutsplus.com/articles/an-introduction-to-color-theory-for-web-designers--webdesign-1437

Coffin, D. (2011, September 20). Typography 101: The Basics. Practical Ecommerce. Retrieved May 27, 2014, from http://www.practicalecommerce.com/articles/3052-Typography-101-The-Basics

Galitz, W. O. (2007). The essential guide to user interface design an introduction to GUI design principles and techniques (3rd ed.). Indianapolis, IN: Wiley Pub.

Lehto, M., & Landry, S. (2013). Introduction to human factors and ergonomics for engineers (Second ed.). Boca Raton, FL: CRC Press.

Lennartz, S., & Friedman, V. (2010). Smashing eBook Series: #1 Professional Web Design (1st ed.). Freiburg, Germany: Smashing Media GmbH.

Wilson, C. (2014). User interface inspection methods: A user-centered design method. Waltham, MA: Elsevier.
Published
2015-09-01
How to Cite
RUMENDE, Victor Immanuel. PEMBUATAN APLIKASI JADWAL BERTEMU DOSEN DAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SURABAYA BERBASIS WEB. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 11, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2331>. Date accessed: 24 oct. 2020.