SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN APOTEK “X” BERBASIS WEB
Abstract
Apotek “X” merupakan salah satu bisnis yang berlokasi di kota Manado yang akan dibuat oleh seorang Apoteker yang sedang menempuh pendidikan S2 di bidang farmasi. Apotek yang dibuat nantinya tidak hanya dapat melayani penukaran resep obat dan jual beli obat saja, tetapi juga akan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) dalam bisnisnya guna memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Apotek “X” memberikan layanan kepada pelanggan guna menjaga hubungan dengan pelanggan, seperti layanan pesan antar, diskon, dan konsultasi. Layanan-layanan yang diberikan tersebut dijalankan secara konvensional dengan menggunakan teknologi e-mail dan telepon. Kesimpulan dari pembuatan sistem informasi ini adalah sistem ini dapat membantu Apotek dalam menjalankan operasional Apoteknya, memberikan layanan terhadap pelanggan guna menjaga hubungan dengan pelanggan, dan mengolah data yang tersimpan menjadi laporan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Saran yang dapat diberikan untuk pengembangan sistem lebih lanjut adalah pembuatan pattern recognition yang dapat mem-forecasting permintaan pelanggan dan pengintegrasian dengan aplikasi mobile pada sistem operasi Android/IOS.
Downloads
References
Kotler, Philips. 1997. Manajemen Pemasaran Jilid I. Prehallindo, Jakarta.
Silver Bruce. 2011. BPMN Method and Style, 2nd Edition, with BPMN Implementer’s Guide. Cody-Cassidy press, Aptos.
Storbacka, Kaj and Lehtinen, Jarmo R. 2001. Customer Relationship Management. Creating Competitive Advantage Through Win – Win Relationship Strategies. Mc Graw – Hill.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.