SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN APOTEK “X” BERBASIS WEB

  • Wenny Jayani Halim Tiono Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Apotek “X” merupakan salah satu bisnis yang berlokasi di kota Manado yang akan dibuat oleh seorang Apoteker yang sedang menempuh pendidikan S2 di bidang farmasi. Apotek yang dibuat nantinya tidak hanya dapat melayani penukaran resep obat dan jual beli obat saja, tetapi juga akan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) dalam bisnisnya guna memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Apotek “X” memberikan layanan kepada pelanggan guna menjaga hubungan dengan pelanggan, seperti layanan pesan antar, diskon, dan konsultasi. Layanan-layanan yang diberikan tersebut dijalankan secara konvensional dengan menggunakan teknologi e-mail dan telepon. Kesimpulan dari pembuatan sistem informasi ini adalah sistem ini dapat membantu Apotek dalam menjalankan operasional Apoteknya, memberikan layanan terhadap pelanggan guna menjaga hubungan dengan pelanggan, dan mengolah data yang tersimpan menjadi laporan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Saran yang dapat diberikan untuk pengembangan sistem lebih lanjut adalah pembuatan pattern recognition yang dapat mem-forecasting permintaan pelanggan dan pengintegrasian dengan aplikasi mobile pada sistem operasi Android/IOS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bogadenta Aryo. 2012. Manajemen Pengelolaan Apotek. D-MEDIKA, Yogyakarta.

Kotler, Philips. 1997. Manajemen Pemasaran Jilid I. Prehallindo, Jakarta.

Silver Bruce. 2011. BPMN Method and Style, 2nd Edition, with BPMN Implementer’s Guide. Cody-Cassidy press, Aptos.

Storbacka, Kaj and Lehtinen, Jarmo R. 2001. Customer Relationship Management. Creating Competitive Advantage Through Win – Win Relationship Strategies. Mc Graw – Hill.
Published
2015-09-01
How to Cite
TIONO, Wenny Jayani Halim. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN APOTEK “X” BERBASIS WEB. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 10, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2347>. Date accessed: 24 oct. 2020.