PEMBUATANSISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA LAUNDRY “X”

  • Cindy Nataria Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 262 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 474 times
Keywords: sistem informasi, akuntansi, laundry

Abstract

Sistem informasi adalah teknologi yang dapat mengolah informasi untuk dapat mendukung operasi dan manajemen.  Laundry “X” merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Penjualan yang ditangani laundry “X” hanya penjualan jasa laundry satuan dan kiloan. Proses yang ada pada laundry “X” adalah penjualan, pembelian, garansi penjualan, klaim penjualan dan pembuatan laporan. Pencatatan proses pembelian dan penjualan pada laundry “X” masih menggunakan kertas. Dengan bertambahnya waktu pelanggan laundry “X” akan bertambah sehingga transaksi juga bertambah, pencatatan menggunakan kertas tidak memungkinkan. Selain itu, laundry “X” memiliki masalah lain yaitu proses pencarian data yang memakan waktu lama, ketelitian dalam merekap transaksi yang ada menjadi laporan yang dibutuhkan, tidak adanya pencatatan nomor urutan laundry. Hal tersebut mendasari pembuatan sistem informasi akuntansi pada laundry “X” berbasis web. Aplikasi dibuat dengan menggunakan php dan  MySql. Sistem yang dibuat diharapkan dapat membantu Laundry “X”dalam  proses pencatatan transaksi yang ada dan pembuatan laporan akuntansi. Setelah melalui proses uji coba, sistem yang dibuat dapat membantu dan sesuai dengan kebutuhan Laundry “X”. Sistem berhasil membantu pencatatan dengan pengecekan tertentu untuk mengurangi human error serta menyimpan banyak data tanpa kehilangan sebuah data sekalipun terutama dalam pencatatan akuntansi dan pembuatan laporan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bunafit Nugroho. 2004. PHP dan MySQL dengan editor Dreamweaver MX. ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.

McLeod Jr, R. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 7 : jilid 2. Diterjemahkan oleh Hendra Teguh. PT Prenhallindo. Jakarta.

Rosmala, Dewi., Falahah (2007), “Pemodelan Proses Bisnis B2B dengan BPMN (Studi Kasus Pengadaan Barang Pada Divisi Logistik)”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007, 63.

Wahyono, T. 2004. Sistem Informasi Akuntansi : Analisis, Desain dan Pemrograman Komputer. Penerbit Andi, Salatiga.
Published
2015-09-01