PEMBUATAN APLIKASI KOMUNITAS ORGANISASI MAHASISWA UNIVERSITAS SURABAYA BERBASIS ANDROID
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi berbagai macam hal salah satunya adalah penyebaran informasi. Hal ini juga berlaku pada penyebaran informasi di Universitas Surabaya khususnya informasi tentang kegiatan kemahasiswaan yang diadakan organisasi mahasiswa. Organisasi mahasiswa melakukan publikasi kegiatan kemahasiswaan melalui berbagai macam cara yaitu melakukan posting pada halaman media sosial facebook atau twitter, broadcast pesan melalui blackberry messenger dan membuat poster atau brosur serta meletakkannya di papan-papan pengumuman yang ada di Universitas Surabaya. Dalam melakukan publikasi kegiatan degan cara tersebut terdapat beberapa kendala seperti banyak mahasiswa yang kurang tertarik dan malas dalam membaca papapn pengumuman, tidak semua mahasiswa memiliki media sosial seperti yang dimiliki organisasi dan banyak mahasiswa Universitas Surabaya sendiri yang tidak mengetahui kegiatan apa saja yang diadakan di Universitas Surabaya. Masalah-masalah yang ada tersebut mendasari pembuatan aplikasi Komunitas Organisasi Mahasiswa Universitas Surabaya berbasis Android. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk membantu pengurus organisasi mahasiswa dalam melakukan penyebaran informasi kegiatan kemahasiswaan, memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan akses terhadap organisasi mahasiswa yang sesuai minat dan bakat serta membantu mahasiswa mengetahui seluruh kegiatan kemahasiswaan yang ada di Universitas Surabaya kapan saja dan dimana saja. Setelah melakukan implementasi dan uji coba dengan metode wawancara didapatkan hasil bahwa aplikasi Komunitas Organisasi Mahasiswa Universitas Surabaya yang dibuat dapat membantu pengurus organisasi mahasiswa dalam melakukan publikasi kegiatan kemahasiswaan, membantu mahasiswa dalam mendapatkan informasi kegiatan kemahasiswaan, membantu mahasiswa mendapatkan akses yang lebih mudah terhadap organisasi mahasiswa yang sesuai minat dan bakat secara up to date kapan saja dan dimana saja.
Downloads
References
Refsnes Data, 1999-20014. HTML 5 Introduction. Diunduh 15 Oktober 2014, dari http://w3schools.com/html/html5_intro.asp.
Safaat H, Nazruddin. 2012. Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
Saputra, Agus. 2012. Web Tips: PHP, HTML 5 dan CSS3. Jakarta: Jasakom.
The JQuery Project, 2011. jQuery Mobile Overview. Diunduh 23 November 2014, dari http://demos.jquerymobile.com/1.0/docs/about/intro.html
Yudistira, Yuan. 2011. Membuat Aplikasi iPhone, Android, & Blackberry itu Gampang. Jakarta: Mediakita.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.