PEMBUATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN KULIAH BAGI SISWA SMA BERBASIS WEB DENGAN METODE PROMETHEE

  • Andreas Teddy Kumala Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Njoto Benarkah Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Ellysa Tjandra Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 187 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 285 times
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, PROMETHEE, pemilihan jurusan, akademik, peminatan, universitas, SMA

Abstract

Banyak siswa SMA atau sederajat, khususnya kelas XII, yang masih bimbang dalam mengambil jurusan kuliah untuk melanjutkan studi mereka. Pemilihan jurusan kuliah ini merupakan momen krusial, karena apabila mereka salah dalam memilih jurusan, maka banyak waktu yang terbuang sia-sia yang dikarenakan salah dalam pemilihan jurusan. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap beberapa mahasiswa, sebagian dari mereka mengakui bahwa mereka merasa salah memilih jurusan. Beberapa hal yang membuat mereka merasa salah memilih jurusan antara lain adalah, mutasi ke jurusan lain, susah mengikuti materi dari mata kuliah inti suatu jurusan, dan ada yang terkena drop out. Tugas akhir ini, membuat sebuah sistem pendukung keputusan dengan metode PROMETHEE yang berbasis web yang bertujuan untuk membantu siswa dalam menentukan jurusan yang akan mereka ambil. Pembuatan website ini telah melalui proses analisis terhadap beberapa website yang serupa. Hasil analisis berupa beberapa kriteria pendukung yang dapat ditambahkan penulis dalam kebutuhan pembuatan sistem ini. Website yang dibuat memberikan fitur-fitur antara lain, pencarian jurusan menggunakan beberapa filter, pencarian jurusan menggunakan sistem pendukung keputusan dengan PROMETHEE, perbandingan antara jurusan satu dengan lainnya, dan adanya informasi mengenai beberapa universitas dan jurusan yang ada di Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brans, J.P. 1986. How to select and how to rank projects : The PROMETHEE method. European Journal of Operational research, 14, 228-338.

Elmasri, R., Navathe, S. 2000. Fundamentals of Database Systems (4th ed.). United States of America: Pearson Education, Inc.

Kadarsah, S. 2000. Sistem Pendukung Keputusan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Turban, Efraim. 2005. Decision Support and Intelligent Systems. Diterjemahkan oleh : Dwi Prabantini. Yogyakarta : Andi.
Published
2015-09-01