PEMBUATAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PANTI ASUHAN “X”

  • Anselmus Yudhistira Tanuwijaya Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Panti Asuhan “X” adalah sebuah panti asuhan anak yang berada di Surabaya. Panti Asuhan ini telah memiliki banyak anak asuh, sehingga dalam proses kegiatannya panti ini membutuhkan pengurus yang banyak pula. Panti Asuhan “X” ini juga menerima banyak sekali kunjungan, baik untuk kunjungan pribadi hingga kunjungan resmi dari organisasi seperti sekolah, paroki daerah dan lain-lain. Proses pembuatan jadwal kunjungan yang dilakukan oleh petugas dari panti masih dicatat dengan media buku yang ditulis dengan manual. Seiring dengan perkembangan waktu, Panti Asuhan  “X” juga memiliki banyak sekali biaya kebutuhan untuk anak panti maupun Panti Asuhan itu sendiri, mulai dari biaya pendidikan, kesehatan hingga gaji untuk para petugas panti. Selain itu, dengan banyaknya kebutuhan maka Panti juga membuka sumbangan bagi orang yang ingin membantu pihak panti.  Semakin meningkatnya proses keuangan dari Panti Asuhan yang harus dicatat maka menyebabkan semakin meningkatnya pula kesalahan dalam pencatatan data keuangan tersebut. Resiko kehilangan data juga menjadi kendala bagi Panti Asuhan”X”, dimana tidak memiliki back-up data. Proses pengasuhan anak juga terkadang menimbulkan tidak akuratnya data yang diberikan pihak petugas kepada calon pengasuh, seperti data penting yang harus dimiliki oleh calon pengasuh agar dapat mengasuh anak di Panti Asuhan “X” tersebut. Melalui proses analisa dan desain yang telah dilakukan, dibuatlah sebuah program Sistem Informasi untuk Administrasi Panti Asuhan “X” ini. Sistem informasi ini akan membantu pengelola dalam proses administrasi dan proses lain seperti pembuatan jadwal, proses pengasuhan, pengelolaan data, dan lain – lain menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Data yang dicatat disimpan ke dalam database. Setelah proses desain dilakukan implementasi dengan membuat sebuah program sistem informasi berbasis website untuk administrasi Panti Asuhan “X”. Untuk menguji apakah program telah memenuhi kebutuhan, dilakukan uji coba dengan proses validasi dan evaluasi. Dari hasil uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem ini telah dapat membantu panti asuhan dalam menjalankan proses kegiatan administrasi sehari-hari. Saran yang dapat diberikan untuk sistem ini adalah proses verifikasi pendaftaran pengunjung melalui email. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Departemen Sosial Republik Indonesia (2004). Acuan umum Pelayanan Sosial. Anan di Panti Sosial Asuhan Anak. Jakarta: Departemen Sosial RI.

Muchti. (2000). Pandangan Umum Mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental Serta Teori-teori Terkait. Jakarta: Rineka Cipta

OMG. (2010, Agustus Selasa). Retrieved Januari Sabtu, 2015, from Object Management Group Business Process Model and Notation: http://www.bpmn.org

Rosmala. (2007). Jurnal Pemodelan Bsinis B2B dengan Menggunakan BPMN. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi

Santoso, Harianto (2005). Disini Matahariku Terbit. Jakarta: PT Gramedia
Published
2015-09-01
How to Cite
TANUWIJAYA, Anselmus Yudhistira. PEMBUATAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PANTI ASUHAN “X”. CALYPTRA, [S.l.], v. 4, n. 2, p. Hal. 1 - 13, sep. 2015. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2373>. Date accessed: 30 oct. 2020.