PEMBUATAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI FRONT OFFICE PADA HOTEL X BERBASIS WEB
Abstract
Hotel “X” merupakan salah satu hotel yang berada di Soe, NTT. Hotel ini menyediakan berbagai fasilitas guna menunjang aktifitas tamu yang menginap, seperti penyewaan ruangan pertemuan, penyewaan mobil, restoran, laundry dan layanan room service dengan jumlah kamar sebanyak 30 kamar. Dalam menjalankan proses bisnisnya bagian front office masih melakukan pencatatan secara manual untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti reservasi kamar, check in, check out dan penggunaan fasilitas selama tamu menginap. Proses pencatatan transaksi secara manual tersebut mengakibatkan pelayanan kepada tamu menjadi kurang efisien dan juga dalam pembuatan berbagai laporan transaksi hotel masih berpeluang terjadinya resiko kesalahan pencatatan data. Melalui proses analisa dan desain yang telah dilakukan, dibuat lah aplikasi sistem informasi transaksi front office berbasis web. Dengan adanya aplikasi berbasis web diharapkan dapat membantu pihak hotel terutama bagian front office dalam mengelola data transaksi tamu serta memudahkan dalam pembuatan laporan yang dibutuhkan bagi pemilik hotel. Sistem informasi ini dapat membantu dalam pengelolaan transaksi reservasi kamar, proses check in, check out, transaksi restoran, laundry, mini bar, room service dan penyewaan ruangan. Untuk menguji apakah aplikasi yang telah dibuat telah memenuhi kebutuhan, dilakukan uji coba dengan melakukan proses validasi dan evaluasi. Dari hasil uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat membantu pencatatan seluruh transaksi tamu dan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat. Saran yang dapat diberikan untuk sistem ini adalah penambahan fitur yang mendukung tamu untuk melihat semua transaksi yang dilakukan selama menginap di hotel secara online.
Downloads
References
Sulastiyono, Agus.2011. Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Seri manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Bandung: CV Alfabeta.
Bagyono, 2006.Manajemen Housekeeping Hotel . Bandung: CV Alfabeta
Suarthana, I Ketut Putra. 1986. Kantor Depan atau Front Office.
Rosmala. (2007). Jurnal Pemodelan Bsinis B2B dengan Menggunakan BPMN. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi
OMG. (2010, Agustus Selasa). Retrieved Januari Sabtu, 2015, from Object Management Group Business Process Model and Notation: http://www.bpmn.org
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.